Terancam Dilarang di India, PUBG Membela Diri | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – PUBG Mobile sedang berada di puncak popularitas, termasuk di India. Tapi banyak pihak khawatir terhadap dampak buruk game mobile tersebut, bahkan ada wacana untuk melarangnya. Bagaimana tanggapan pihak PUBG?

Kritik di Negeri Gangga itu menyebutkan PUBG membuat anak muda terpecah konsentrasinya karena kecanduan, sehingga tidak serius belajar. Ada pula yang menganggapnya mempromosikan kekerasan. Apa kata pengelola PUBG?

“Kami mengapresiasi dukungan dan kepercayaan yang diberikan pada kami. Kami ingin menyediakan pengalaman game sebaik mungkin pada fans tapi kami juga percaya sangat penging untuk bertanggungjawab dalam ekosistem game,” sebut PUBG yang dikutip dari Hidustan Times.

“Untuk itu, kami secara konstan bekerja dengan beragam stakeholder, termasuk orang tua, pendidik, dan lembaga pemerintah, mendengar umpan balik mereka tentang bagaimana kami bisa memperbaiki pengalaman PUBG Mobile secara umum,” tambah mereka.

“Untuk mendorong lingkungan game yang seimbang dan sehat, kami mengembangkan berbagai fitur baru yang memungkinkan pemain menikmati PUBG Mobile dengan bertanggungjawab,” tandas mereka, meski belum menjelaskan apa fitur dimaksud.

Kedatangan PUBG Mobile berdampak positif dengan bangkitnya industri game India, yang diestimasi bernilai USD 943 juta pada tahun 2022. Namun beberapa insiden yang melibatkan PUBH membuat suara untuk melarang game ini bermunculan di sana.

Misalnya, seorang remaja berusia 18 tahun di Mumbai dikabarkan bunuh diri karena orang tuanya tidak membelikan smartphone bagus buat main PUBG. Kemudian, ujian seolah di Kashmir jeblok karena para pelajar diduga ketagihan main PUBG.

Negara bagian Gujarat telah melarang PUBG dimainkan di Sekolah Dasar setempat. Rohan Khaunte, pejabat Kementerian Teknologi Informasi di wilayah Goa menyatakan PUBG layaknya iblis karena membuat anak-anak tidak konsentrasi belajar.

“PUBG telah menjadi setan di setiap rumah. Pelajar, ketimbang belajar, malah mereka terus bermain PUBG,” kata dia. PT KONTAK PERKASA