Tips Dari Warren Buffett Dalam Mengelola Keuangan | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Warren Buffett adalah seorang ahli dalam bidang keuangan yang terkenal di dunia. Banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk menjadi sukses seperti Warren Buffett.

Menurut Forbes, Buffett merupakan orang terkaya nomor dua di dunia setelah Bill Gates. Jumlah kekayaan Buffett mencapai US$ 78,7 miliar, atau sekitar Rp 1.046 triliun.

Satu hal yang unik adalah, Buffett sering mengatakan bahwa kekayaannya dibangun dengan cara yang sederhana, cara yang dapat diikuti dengan mudah oleh orang lain. Berikut ulasannya:

 

1. Investasikan keuntungan Anda

Jika bisnis atau investasi Anda sedang untung jangan terburu-buru untuk membelanjakannya. Walaupun godaanya sangat besar, namun investasikan kembali keuntungan tersebut.

 

2. Perhatikan pengeluaraan kecil

Warren Buffett selalu memilih manajer yang terobsesi dengan angka-angka mendetail untuk menjalankan seluruh bisnisnya. Ia seringkali berinvestasi kepada sebuah perusahaan karena perusahaan tersebut memiliki perhitungan yang mendetail mengenai keuangan dalam perusahaannya.

 

3. Mampu menilai risiko

Anda harus bisa menilai segala kemungkinan sebelum mengambil keputusan. Buffett seringkali bertanya kepada dirinya sendiri ‘setelah ini apa?’ sebelum mengambil sebuah keputusan yang berisiko. Menurutnya hal itu membantunya mengambil keputusan yang lebih cerdas.

 

4. Mengetahui kapan harus berhenti

Saat kecil Buffett pernah bertaruh dalam sebuh balapan dan kalah. Lalu dia bertaruh lagi untuk mengembalikan uangnya dan kalah lagi. Sejak saat itu dia tidak mengulangi kesalahannya dan tidak membiarkan rasa penasaran membodohinnya.

5. Batasi pinjaman dan utang

Buffett selalu berpesan ‘Hidup dalam utang kartu kredit tidak akan membantumu kaya’. Buffett terkenal hampir tidakk pernah meminjam bahkan untuk investasi dan membeli rumah atau tanah.

 

6. Mengetahui apa arti sukses

Buffett mengukur sukses hidupnya dari banyaknya orang yang ingin dan benar-benar mencitainnya. Dia tidak suka menyimpan uang banyak, itulah kenapa dia sempat meyumbangkan separuh kekayaannya, dia hanya suka proses saat mencarinya.

Berikut adalah cara sederhana Buffett untuk menjadi kaya. Semoga dapat menginspirasi Anda.. PT KONTAK PERKASA
Sumber : finance.detik