Ekonom Prediksi IHSG Tembus 5.540 Tahun Ini | PT KP PRESS

PT KP PRESS SURABAYA – Head of Equity Research PT Mandiri Sekuritas Adrian Joezer memprediksi laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan tembus level 5.540 hingga akhir 2020. Prediksi ini didasar pada pada asumsi earnings per share (EPS) yang diperkirakan akan mencapai 11%.

“5.540 untuk base skenario itu berdasarkan EPS kita bottom up per saham dan juga tingkat suku bunga, serta risk premium yang kami sampaikan tadi. EPS sekitar 11% upside,” kata Adrian dalam diskusi online Mandiri Economic Outlook 2020, Rabu (17/6/2020).

Level 5.540 ini telah direvisi dari yang diproyeksikan Mandiri Sekuritas sebelumnya yakni di level 6.875.

“5.540 itu memang sesudah revisi. Targetnya kita bottom up, masing-masing analis melakukan forecast laba bersih, dengan laba bersih yang kita forecast terakhir, keluar 5.540,” jelas dia.

Namun, menurutnya angka ini bisa berubah lagi dan akan menyesuaikan kondisi pasar. Dalam hal ini, pasar masih terus memantau kebijakan pemerintah dalam menangani virus Corona (COVID-19).

“Perlu diingat ini kan fase recovery jadi sangat dinamis perubahannya. Kalau bagus datanya ini akan dipertimbangkan lagi,” terang Adrian.

Adrian mengatakan, saat ini banyak harga saham yang dijual sangat murah, bahkan saham-saham unggulan yang masuk dalam indeks LQ45 seperti perbankan, emiten ritel, dan otomotif. Ia mengatakan, kondisi ini justru jadi peluang bagi para investor membeli saham.

“Saham apa yang menarik untuk investasi jangka panjang? Banyak karena mumpung masih murah. Jangka panjang harus terima di kuatal II, kalau di kuartal III belum tahu. Tapi kalai berkaca dari aset perusahaan tersebut, nilai pasar berapa terhadap aset itu, berapa pendekatan PBV (Price to book value), itu banyak yang murah,” pungkasnya. PT KP PRESS

detik.com