Rekomendasi Emas 13 Agustus 2021:Naik Sedikit ditengah Kuatnya USD | PT KP PRESS

PT KP PRESS SURABAYA – Harga emas sedikit menguat pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis karena koreksi meskipun dollar AS mengalami kenaikan, melanjutkan keuntungannya setelah emas membukukan keuntungan yang solid pada hari Rabu. Terlebih penting lagi dorongan naik (bullish) harga emas ini, telah berhasil menstabilkan pasar setelah tekanan jual belakangan ini.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $1.00 ke $1,752.00 per troy ons. Sementara perak Comex bulan September turun $0.148 ke $23.345 per ons.

Emas berjangka kontrak bulan Desember diperdagangkan naik lebih dari 0.86% ke $1,751.60 per troy ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan indeks saham Eropa menguat dan mendekati rekor ketinggian dan saham-saham Asia sedikit melemah. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai dan berada di dekat rekor ketinggian. Suasana liburan menguasai pasar pada pertengahan bulan Agustus sebagaimana terjadi setiap tahun.

Data dari AS umumnya bagus, dengan angka PPI di bulan Juli naik ke 7.8% YoY, sedangkan angka MoM muncul di 1%, lebih baik daripada yang diperkirakan di 0.6%. Sementara klaim pengangguran terkontraksi ke 375.000 sebagaimana yang diperkirakan, lebih rendah daripada minggu sebelumnya di 387.000.

“Support” terdekat menunggu di $1,736 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,716 dan kemudian $1,700. “Resistance” terdekat menunggu di $1,763 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,771 dan kemudian $1,800.

Pergerakan harga emas di sisa tahun ini berpotensi terganjal tren kenaikan dolar Amerika Serikat (AS). Sinyal Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) untuk mempercepat pengetatan kebijakan pelonggaran moneter menjadi salah satu pendorong naiknya dolar AS. PT KP PRESS

vibiznews.com