Rekomendasi Emas 16 Juni 2021: Menurun Karena Menguatnya USD | PT KP PRESS | PT KP PRESS

PT KP PRESS SURABAYA – Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa, dengan data ekonomi penjualan ritel AS meleset dari yang diperkirakan dan dollar AS berbalik menguat, ditengah dimulainya pertemuan kebijakan moneter the Fed. Emas berjangka kontrak bulan Agustus turun $9.70 ke $1,854.90 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Juli turun $0.264 ke $27.78 per ons.

Pasar saham global kebanyakan menguat di dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah bervariasi dalam rentang sempit ketika perdagangan sesi New York dimulai dan indeks saham berjangka S&P 500 dan Nasdaq mencetak rekor ketinggian.

Permintaan atas dollar AS meningkat menjelang pembukaan Wall Street. Dolar AS mempertahankan kekuatannya setelah rilis data ekonomi AS yang bervariasi. Penjualan ritel bulan Mei turun 1.3% MoM, lebih buruk daripada yang diperkirakan, sementara Producer Price Index di bulan yang sama lompat ke 6.6% YoY, pertanda lain akan naiknya tekanan inflasi.

Pertemuan FOMC dari the Fed telah dimulai pada hari Selasa pagi dan akan berakhir pada Rabu sore dengan sebuah pernyataan. Meskipun diperkirakan tidak akan ada perubahan besar dalam kebijakan moneter AS. Fokus pasar berada pada nada dari the Fed atas prospek inflasi dan kapan bank sentral AS ini akan mulai mengetatkan kebijakan uang yang sangat mudah. Para pejabat the Fed belakangan ini memberikan pertanda bahwa mereka akan mulai mendiskusikan jadwal untuk mengurangi program pembelian obligasi (quantitative easing) lebih cepat daripada yang direncanakan.

“Support” terdekat menunggu di $1,845 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,810 dan kemudian $1,800. “Resistance” terdekat menunggu di $1,875 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,880 dan kemudian $1,900. PT KP PRESS

vibiznews.com