Rekomendasi Harga Emas 2 – 6 November 2020: Trump atau Biden, Bagaimana Pengaruhnya? | PT KP PRESS

PT KP PRESS SURABAYA – Harga emas mengakhiri bulan Oktober dengan tidak berhasil mempertahankan level psikologis di $1,900 per ons dengan harga emas turun menyentuh kerendahan selama 1 bulan di $1,859 pada hari kamis. Sekalipun akhirnya berhasil naik ke $1,880 per ons, naik 0.65% dalam satu hari.

Dengan begitu banyak ketidakpastian sebaiknya tidak menaruh posisi menjelang pemilihan. Sebaiknya masuk posisi setelah kebisingan mengenai pemilihan, termasuk kemungkinan kerusuhan,  berakhir dan berpegang kepada penggerak pasar emas makro secara jangka panjang yang adalah sangat mendukung naik harga emas, dengan tingkat bunga yang masih akan rendah dalam jangka panjang ditengah berlimpahnya stimulus fiskal.

Siapapun pemenangnya apakah yang biru atau yang merah, kedua-duanya positip bagi emas. Siapapun pemenangnya, akan turun paket stimulus yang dinantikan pasar yang akan sangat bullish bagi pasar emas.

Sampai saat ini masih belum jelas siapa yang akan menang. Dan tidak pasti juga apakah hasil pemilihan akan bisa segera keluar. Resiko yang paling signifikan yang dapat berakibat negatip bagi emas adalah apabila hasil pilpres tidak jelas atau selisih sedikit sekali.

Jika ternyata pemenangnya segera ketahuan dan hasilnya jelas menang mutlak, harga saham akan naik dan demikian juga dengan harga metal akan ikut terangkat naik sepanjang hari Selasa malam atau dalam perdagangan semalam pada sesi Eropa.

Jika ternyata hasilnya selisih hanya sedikit, sehingga tidak ada pemenang yang jelas atau jika hasil penghitungannya tertunda beberapa hari, pasar saham akan mengalami tekanan turun karena orang-orang akan lari memburu uang tunai dan hal ini akan berdampak sangat negatip bagi metal berharga.

Skenario terburuk bagi emas adalah apabila hasil pemilihan selisih sedikit karena ini akan menciptakan ketakutan dan penundaan paket stimulus fiskal.  Sebaliknya apabila hasil pemenangnya jelas maka stimulus akan segera keluar. Mungkin tidak sebesar yang seharusnya namun yang jelas pasar akan mendapatkan sesuatu. Saat ini saja, pasar metal berharga mengalami aksi jual karena tidak mendapatkan stimulus apa-apa samasekali.

Dari data makro ekonomi, mingggu ini event utamanya adalah keputusan dari Federal Reserve, Non-Farm Payrolls untuk bulan Oktober yang akan didahului oleh ADP pekerjaan dari sektor swasta dan PMI manufaktur yang diproyeksikan akan memberikan signal pertumbuhan yang moderat dan PMI jasa yang diproyeksikan akan menyentuh 57.5 yang merefleksikan pertumbuhan yang kuat.

Non-Farm Payrolls pada bulan September diperkirakan 661.000. suatu penurunan yang cukur besar. Untuk bulan Oktober ini, NFP diperkirakan akan melaporkan penambahan 850.000 pekerjaan baru sementara tingkat pengangguran diperkirakan turun dari 7.9% mejadi 7.7%.

“Support” emas terdekat berada di $1,856.94 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,845.92 dan kemudian $1,820.81. “Resistance” terdekat berada di $1,882.05 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,896.14 dan kemudian $1,921.25 yang apabila berhasil juga ditembus, akan lanjut ke $1,970.00. PT KP PRESS

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting