Rekomendasi Harga Emas 20 Oktober 2020: Naik Karena Harapan Baru Stimulus AS | PT KP PRESS

PT KP PRESS SURABAYA – Harga emas naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat karena melemahnya dolar AS memulai minggu perdagangan yang baru. Grafik tehnikal yang menunjukkan kenaikan juga mengundang para pembeli untuk masuk membeli. Emas berjangka kontrak bulan Desember naik $9.60 per ons pada $1,916.00. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 1.008.000,- per gram.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS dibuka mengarah naik pada perdagangan sesi New York. Minat para trader dan investor membaik memulai minggu perdagangan yang baru, karena pengharapan akan tercapainya kesepakatan antara Kongres AS yang dikuasai Demokrat dengan Republikan mengenai paket stimulus buat orang Amerika.

Jubir Kongres Nancy Pelosi pada akhir minggu memasang tenggat waktu pada hari Selasa untuk persetujuan dengan Gedung Putih. Presiden Trump mengatakan bahwa dia mendekati kepada tuntutan dari Demokrat untuk paket yang lebih besar secara keseluruhan dibandingkan dengan yang ditawarkan anggota Kongres dari Republikan. Senat AS pada hari Rabu berencana untuk mengambil pemungutan suara lagi atas paket bantuan coronavirus sejumlah $500 miliar.

Selain itu ada data ekonomi yang keluar dari Cina dimana ekonomi Cina bertumbuh sebesar 4.9% pada kuartal ketiga, yang lebih lambat daripada yang diperkirakan, meskipun dianggap masih bagus.

Hal penting diluar pasar metal berharga adalah melemahnya indeks dolar AS dan turunnya harga minyak mentah Nymex.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,925.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,930.60 dan kemudian $1,939.40. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,900.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,885.00 dan kemudian $1,851.00. PT KP PRESS

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting