Rekomendasi Harga Emas 4 Desember 2020: Emas Kembali Kepada Pergerakan Naiknya | PT KP PRESS

PT KP PRESSmomentum kenaikan menjelang akhir minggu, setelah sebelumnya menyentuh kerendahan selama 5 bulan. Turunnya indeks dolar AS yang menyentuh kerendahan 2 ½ tahun dalam perdagangan semalam, memberikan dorongan naik pasar metal berharga.

Emas berjangka kontrak bulan Februari naik $14.20 pada $1,844.40 per ons. Sementara emas Antam belum tersedia untuk ditawarkan beli.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah bervariasi dalam rentang yang sempit ketika perdagangan sesi New York dimulai, setelah berhenti sejenak karena S&P 500 dan Nasdaq menyentuh rekor ketinggian pada minggu ini. Minat terhadap resiko tetap bagus pada akhir minggu ini. Laporan mengatakan bahwa Biden juga mendorong paket bantuan keuangan pandemik yang bipartisan untuk orang – orang Amerika, yang akan berjumlah total sedikit dibawah $1 triliun. Emas juga mendapatkan keuntungan dari pemikiran paket ini bisa lolos dari Kongres AS dalam minggu – minggu yang akan datang – bukan dari pandangan safe-haven namun dari pandangan sejumlah uang tunai yang baru di sistem keuangan akan bisa mendorong permintaan bagi metal berharga dan akan selanjutnya menaikkan inflasi sepanjang perjalanan yang akan datang.

Pasar juga mengabaikan infeksi harian Covid – 19 dan jumlah kematian yang mencapai rekor yang baru. Banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa angka infeksi dan kematian di Amerika Serikat masih akan tetap tinggi selama musim dingin.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,855.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,875.00 dan kemudian $1,900.00. Penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,828.90 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,810.00 dan kemudian $1,800.00 sebelum akhirnya turun ke $1,767.20. PT KP PRESS

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting