Tak Hanya Harga, Helm Balap Motor dan Mobil Punya Perbedaan | PT KP PRESS

PT KP PRESS SURABAYA – Pada balapan profesional salah satu perlengkapan yang tentu tak asing dilihat adalah penggunaan helm. Bahkan tidak hanya pada balapan motor, balapan mobil pun meski berada di dalam kabin para pengemudi tetap menggunakan helm.

Walaupun memiliki fungsi sama sebagai pelindung kepala ternyata helm balap motor tak cocok dipakai untuk helm balap mobil lho, detikers. Jika diperhatikan kedua jenis helm itu memiliki desain yang berbeda satu sama lain.

Pertama yang membuat beda adalah jumlah lubang pembuangan udara untuk aerodinamisnya. Helm mobil memiliki lebih sedikit alur aerodinamis daripada helm motor karena tidak terpapar angin langsung saat melaju. Dapat disimpulkan rancangan helm balap mobil lebih ringkas dibanding helm balap motor

“Pembuangan udara juga lebih sedikit, motor lebih banyak, helm mobil lebih simple karena tekanan udara lebih ringan,” ujar Staff Prime Gears Indonesia, Aa Fahlani saat ditemui di Sentul, Bogor, Minggu (10/11/2019).

Perbedaan mendasar lainnya terdapat pada bukaan sudut visor. Helm balap motor bukaannya lebih lebar dibandingkan dengan helm balap mobil yang lebih sempit. Helm balap motor dibuat lebih lebar karena membutuhkan pandangan yang lebih luas sementara helm mobil lebih sempit untuk meningkatkan fokus karena pandangan juga dibantu dengan adanya kaca spion.

“Motor cenderung jaraknya kan lebih lebar, kalau lebih sempit mobil supaya fokus ke depan. Motor balapan kan nggak pakai kaca spion butuh pandangan luas untuk lihat belakang, kalau mobil pakai kaca spion,” lanjut pria yang disapa Aa ini.

Perbedaan harga

Tampak beda dari helm balap motor, dari sisi harga pun helm balap mobil lebih mahal. Paling murah saja seperti helm Arai yang dijual Prime Gears dipatok di angka Rp 12 juta sedangkan helm balap motor masih ada yang berada di angkap Rp 9,8 juta. Untuk helm mobil berbahan karbon pun harganya bisa menyentuh angka Rp 45 juta.

“Ini paling Rp 12 juta, paling mahal karbon sampai Rp 45 juta. Kalau motor ada Arai Rp 9,8 juta,” tukas Aa. PT KP PRESS

detik.com