Punya Problem Ban, Lorenzo Samakan Dirinya dengan Petenis KontakPerkasa FuturesPebalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo mengakui masalah ban membuatnya belum bisa tampil konsisten sepanjang musim ini. Dia lantas menyamakan dirinya dengan sosok petenis.

Lorenzo sempat tampil mengesankan dengan merebut empat kemenangan beruntun musim ini, yakni di MotoGP Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya. Namun performanya lantas merosot di dua seri terakhir, masing-masing di Belanda dan Jerman.

Di Belanda, misinya memburu kemenangan kelima secara beruntun berakhir setelah hanya finis ketiga. Dia bahkan tak mampu mengikuti laju dua pebalap terdepan, rekan setimnya, Valentino Rossi, dan rider Repsol Honda Marc Marquez. Saat finis, Lorenzo berjarak 14,576 detik dari Rossi yang jadi juara.

Kejadian serupa terulang di Jerman. Meski sempat memimpin balapan di fase awal, Lorenzo merosot performanya. Dia tak mampu mempertahankan laju dan finis di urutan keempat, berjarak 9,928 detik dari Marquez yang juara.

Problem ban diakui masih menghantui sejak musim lalu. Pada tahun kemarin, pebalap Spanyol itu bahkan harus menunggu sampai 14 seri untuk bisa juara. Musim ini awalnya juga tak apik untuk Lorenzo, dengan hanya finis keempat di Qatar dan Amerika serta kelima di Argentina.

Lorenzo merupakan salah satu pebalap yang gaya balapnya amat mengandalkan tingkat daya cengkeram di tepi ban kala menikung. Ada kalanya modifikasi kecil pada ban yang dilakukan Bridgestone berbuah positif. Hanya saja modifikasi ini tidak selalu tersedia di tiap balapan.

“Ini seperti seorang pemain tenis. Jika seorang petenis tidak menyukai sebuah jenis lapangan dan tiba-tiba harus memainkan tiga dari empat turnamen di lapangan itu, pastinya dia tidak bisa tampil di level yang sama,” kata Lorenzo dikutip Crash.

“Itulah yang terjadi pada saya. Kami punya sejumlah masalah. Poin unggul dari saya adalah akselerasi dan kecepatan di tikungan dan dengan ban ini saat ini, saya tidak mampu menunggangi motor di level sama seperti Valentino,” tandas pebalap 28 tahun ini. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.