Qatar & UAE Bergabung dengan BRICAlasan investor untuk menanamkan investasinya di negara Timur Tengah semakin bertambah. Pasalnya, Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) telah meng-upgrade statusnya menjadi negara berkembang (emerging market).

Dengan status emerging market ini, dua negara ini dipastikan akan bertambah jumlah investasi asingnya. Demikian dilansir dari CNBC, Rabu (4/6/2014).

MSCI yang merupakan lembaga riset pasar saham telah menyatakan dua negara tersebut sebagai negara yang tengah berkembang. Artinya, indeks saham dua negara tersebut akan bergabung dengan emerging market index.

Perubahan ini juga diartikan tingkat risiko investasi di negara tersebut tidak lagi tinggi (high risk). Sementara imbal baliknya tetap menjanjikan (high return).

Deutsche Bank memperkirakan, pasar modal Qatar akan diserbu dana asing dengan nilai sekira USD440 juta. Upgrade ini juga merupakan bukti efisiensinya negara tersebut atas pasar saham yang ada.

Upgrade ini membuar UAE dan Qatar setara dengan negara berkembang dengan potensi pertumbuhan menjanjikan yang bisa disebut BRIC, terdiri dari Brasil, Rusia, India dan China.

Artikel: kontakperkasa futures.