PT KONTAK PERKASA FUTURES – Kiwi jatuh di sesi perdagangan Asia pada hari Kamis setelah investor mencatat penilaian ekonomi terbaru dari bank sentral Selandia Baru yang melihat ruang untuk pelonggaran lebih lanjut dan menyerukan nilai tukar lebih lemah.

NZD/USD diperdagangkan pada 0,6964, anjlok 0,78%. Di tempat lain, USD/JPY bergerak ke 107,09, naik 0,20%, sedangkan AUD/USD diperdagangkan pada 0,7467, turun tipis 0,08%. GBP/USD diperdagangkan pada 1,3226, naik 0,16%.

Di Asia, dengan rilis data berpengaruh kecil terlihat survei kepercayaan bisnis NAB kuartalan naik dengan kuartal kedua dalam tekanan dan dibandingkan dengan angka kuartal pertama plus-4.

Sebelumnya, Reserve Bank of New Zealand pada Kamis ini menyarankan kemungkinan pelonggaran lebih lanjut dari tingkat overnight cash sebesar 2,25% dengan Kiwi lebih lemah dari tujuan kebijakan itu and risiko pelemahan karena kekhawatiran pertumbuhan global.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, terakhir dikutip pada 97,16, naik 0,10%.

Semalam, dolar terus berada di dekat level tertinggi empat bulan terhadap mata uang utama lainnya, karena kekhawatiran pertumbuhan global masih menekan sentimen pasar dan volume perdagangan diperkirakan tetap kecil dengan tidak adanya data AS yang besar sepanjang hari.

Investor tetap berhati-hati setelah Dana Moneter Internasional pada hari Selasa merevisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2016 menjadi 3,1%, dari sebelumnya 3,2%, meskipun mengharapkan rebound ke 3,4% pada tahun 2017.

IMF memangkas proyeksi pertumbuhan AS menjadi 2,2% dari 2,4%, tetapi mengatakan dampak Brexit terhadap ekonomi AS akan dapat diredam dan menjelaskan bahwa pengurangan itu karena produk domestik bruto kuartal pertama yang lemah dari yang diharapkan.

Selain itu, IMF memangkas proyeksi pertumbuhan Inggris Raya menjadi 1,7% dari sebelumnya 1,9% untuk tahun ini dan memangkas pertumbuhan tahun 2017 menjadi 1,3% dari estimasi 2,2% di bulan April akibat Brexit.

GBP/USD menguat 0,53% ke 1,3182, dari level terendah satu minggu 1,3064 yang disentuh semalam.

Pound menemukan dukungan setelah Kantor Statistik Nasional Inggris Raya mengatakan pada hari Rabu bahwa tingkat pengangguran turun menjadi 4,9% dalam tiga bulan hingga bulan Mei dari bacaan April sebesar 5.0%, dibandingkan dengan ekspektasi untuk tidak berubah.

Claimant count meningkat 400 pada bulan Juni, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 3.500 orang, dan mengikuti penguatan 12.200 sebulan sebelumnya.

Sementara itu, indeks pendapatan rata-rata, termasuk bonus, naik 2,3% dalam tiga bulan hingga bulan Mei, sejalan dengan perkiraan dan setelah meningkat 2,0% dalam tiga bulan hingga April.

Tidak termasuk bonus, upah naik 2,2%, di bawah perkiraan untuk peningkatan 2,3% dan menyusul kenaikan 2,2% dalam tiga bulan hingga April. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES