PT KONTAK PERKASA FUTURES – Real Madrid mempertahankan status sebagai klub sepakbola paling bernilai di dunia. Namun di daftar tim olahraga secara keseluruhan, kini posisi mereka turun.

Hal itu seperti diungkapkan majalah bisnis dan keuangan Forbes, dalam daftar terbaru 50 tim olahraga paling bernilai yang mereka rilis. Madrid menjadi klub sepakbola di urutan teratas dengan nilai 3,65 miliar dollar Amerika Serikat.

Meski demikian, Los Blancos tak lagi memuncaki daftar tim olahraga paling bernilai karena digusur National Football League (NFL) Amerika Serikat, Dallas Cowboys. Dallas Cowboys tercatat punya nilai sebesar 4 miliar dollar AS.

Artinya, untuk kali pertama dalam empat tahun Madrid harus menempati posisi dua. Di tiga tahun sebelumnya, klub ibukota Spanyol itu selalu memuncaki daftar.

Forbes juga mencatat bahwa ini kali pertama tim non-sepakbola memuncaki daftar. Sejak 2011, di mana kali pertama mereka membuat daftar tersebut, lima tahun awal selalu dipuncaki klub sepakbola. MU menjadi yang paling bernilai di dua tahun pertama, disusul Madrid di tiga tahun berikutnya.

Dalam lima besar daftar tersebut, selain Madrid ada juga Barcelona dan Manchester United. Barca menempati urutan tiga dengan nilai 3,55 dollar AS, sementara MU di posisi lima dengan nilai 3,32 dollar AS. Di tengah-tengah keduanya adalah tim bisbol New York Yankees dengan nilai 3,4 miliar.

Tim olahraga yang mencatatkan kenaikan paling pesat adalah Arsenal. The Gunners naik 13 peringkat ke posisi 23 dengan nilai 2,02 miliar dollar AS.

Tim olahraga yang mencatatkan kenaikan paling pesat adalah Arsenal. The Gunners naik 13 peringkat ke posisi 23 dengan nilai 2,02 miliar dollar AS.

Sementara yang mengalami penurunan jauh adalah tim Formula 1, Ferrari. Tim pabrikan asal Italia itu di tahun sebelumnya menempati urutan ke-32, namun saat ini berada di luar 50 besar dengan nilai 1,35 miliar dollar AS.

Kembali ke tim sepakbola, ada empat klub selain Madrid, Barca, MU, dan Arsenal yang juga masuk daftar ini. Mereka adalah Bayern Munich (posisi 12), Manchester City (28), Chelsea (36), dan Liverpool (41). (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES