KONTAK PERKASA FUTURES – Dari berbagai produk investasi reksadana yang sudah beredar di Indonesia sampai saat ini, investasi reksadana indeks bisnis 27 keluaran PT PG Asset Management termasuk yang mulai menuai banjir investor meskipun terhitung masih sedikit. Hal ini karena reksadana indeks 27 memang termasuk produk investasi baru yang baru saja disetujui oleh Bapepam, walaupun perencanaannya sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2012. Penerbitan investasi reksadana dengan indeks 27 ini, sesuai namanya, melibatkan 27 buah perusahaan ternama yang dinilai cukup likuid dan bereputasi baik.

Bahkan sebelum investasi reksadana ini dinilai efektif dan boleh ditawarkan ke investor oleh Bapepam, reksadana indeks 27 telah menarik ribuan calon investor yang berminat sejak diumumkan pada tahun 2012 lalu. Misalnya, pada tahun 2012, sudah ada sekitar 150 ribu calon investor yang telah mendaftar untuk mengikuti program reksadana indeks 27. Hal ini menunjukkan besarnya animo masyarakat terhadap program diversifikasi investasi seperti reksadana, yang berarti terdapat peningkatan pemahaman tentang resiko investasi dan manajemen resikonya.

 

Minat Investor dan Rencana Investasi Reksadana Daerah

Melihat pertumbuhan minat investor terhadap investasi reksadana indeks bisnis27, PT PG pun berniat untuk memperluas jangkauan pelayanan investasi ini sampai ke daerah, jika perlu keluar Jakarta. Untuk itu, saat ini sudah ada rencana membuka cabang untuk menerima calon investor reksadana indeks 27 di Makassar dan Medan, dan diharapkan bahwa kantor cabang di daerah lainnya akan segera menyusul. Hal ini untuk mengantisipasi peningkatan minat terhadap reksadana indeks 27 di berbagai daerah, bukan hanya di Jakarta.

Rencana selanjutnya untuk semakin memperluas kesempatan bagi masyarakat daerah untuk bisa ikut berinvestasi adalah dengan menggandeng BCA sebagai insititusi keuangan resmi untuk menjual rencana investasi reksadana indeks 27 dari PT PG ini. Dengan demikian, selain makin banyak masyarakat yang bisa menjangkau program investasi ini, masyarakat pun bisa lebih mudah bertransaksi lewat ATM dan berbagai layanan BCA lainnya dalam hal investasi reksadana indeks 27.

Uniknya, ketika rencana investasi dimulai, PT PG hanya menyiapkan dana sebesar 50 miliar rupiah. Hal ini karena tahap pertama penawaran investasi ini memang lebih dipusatkan pada penambahan investor dulu, sambil mengelola dananya. Akan tetapi, rencana ini toh dimulai dengan optimisme besar, karena reksadana indeks bisnis 27 memiliki potensi besar sebagai salah satu jenis investasi resiko besar namun dengan manajemen resiko yang lebih baik daripada jenis investasi high risk lainnya.

 

Manfaat Reksadana Indeks 27 untuk Investasi

Investasi reksadana indeks 27 dinilai positif bagi banyak investor baik individual maupun kelompok. Prinsip reksadana sebagai investasi dengan sistem manajemen resiko berupa diversifikais investasi memang membantu investor untuk menyebarkan resiko investasinya, agar dananya tak hilang semua ketika mengalami kerugian di satu pos investasi. Akan tetapi, dalam investasi reksadana indeks bisnis27 oleh PT PG, semua dana investasi disebarkan ke beberapa perusahaan yang bukan hanya memiliki nama besar, namun juga dinilai cukup likuid.

Walaupun tetap ada resiko, namun investasi reksadana ini paling tidak memberikan payung manajemen resiko lebih besar karena bermain di ranah indeks saham perusahaan yang bereputasi baik. Tercatat, perusahaan yang ikut tergabung dalam daftar indeks bisnis 27 antara lain adalah Kalbe Farma, Telkom, PT PNG, Bukit Asam dan lain sebagainya. Hal ini memberikan dampak positif dalam pemilihan produk investasi ini karena faktor resikonya sedikit berkurang lantaran pemilihan pos investasi yang berkategori baik dengan tingkat likuiditas tinggi.