PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar jatuh tajam terhadap yen dan mata uang utama lainnya, Senin (28/11) dengan ketidakpastian peristiwa potensial risiko yang mendorong investor mengambil keuntungan setelah kenaikan greenback pasca kampanye pemilu AS.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,53% pada 100,93, menambah kerugian dari hari Jumat.

Pada hari Kamis lalu, indeks ini telah melonjak ke level tertinggi di 102,07, level yang tidak terlihat sejak April 2003.

Lonjakan dolar didukung oleh harapan bahwa peningkatan belanja fiskal dan pemotongan pajak di bawah pemerintahan Trump akan memacu pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve bulan depan juga mengangkat mata uang AS itu.

Dolar tergelincir lebih rendah pada hari Jumat dengan para pedagang mengambil keuntungan di minggu lalu yang singkat.

Aksi jual dolar kembali terjadi pada hari Senin setelah investor memantau peristiwa yang berpotensi risiko dalam pertemuan OPEC Rabu dan referendum konstitusi Italia yang akan datang pada tanggal 4 Desember, yang dapat melihat pemerintah melangkah mundur.

Harga minyak terpukul oleh keraguan apakah eksportir utama akan dapat mencapai kesepakatan untuk membatasi kelebihan pasokan dan mendukung pasar.

Investor juga menunggu sejumlah data ekonomi AS di minggu ini, termasuk data ISM manufaktur dan laporan upah nonpertanian bulan November, Jumat.

Dolar anjlok lebih dari 1% terhadap yen, dengan USD/JPY di 111,85, setelah naik ke level tertinggi delapan bulan di 113,89 pada hari Jumat.

Safe haven yen juga lebih tinggi terhadap euro dan pound. EUR/JPY turun 0,43% di 119,28 dan GBP/JPY kehilangan 0,89% diperdagangkan pada 139,94.

Euro menguat, dengan EUR/USD naik 0,72% ke 1,0662. Mata uang tunggal tersebut menyentuh posisi terendah di 1,0517 pada hari Kamis, level terlemah Desember 2015.

Sterling terdorong menguat, GBP/USD naik 0,26% ke 1,2509.

Safe haven franc Swiss juga merangkak naik terhadap dolar, dengan USD/CHF turun 0,51% ke 1,0090. (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES