PT KONTAK PERKASA FUTURES – EUR/USD memantul di dekat posisi terendah empat bulan, menguat naik setelah Mario Draghi mengirim indikasi kuat bahwa Bank Sentral Eropa dapat siap untuk menggunakan beragam perangkat pelonggaran dalam beberapa bulan mendatang untuk meningkatkan perekonomian menyusul keputusan ECB untuk mempertahankan suku bunga stabil, Kamis (13/7).

Pasangan mata uang ini naik ke sesi tertinggi di 1,1060 setelah Draghi berbicara pada sebuah konferensi pers di Frankfurt, sebelum jatuh kembali sedikit ke 1,1028 pada penutupan perdagangan AS, naik 0,0012 atau 0,12% pada sesi itu. Meskipun raih keuntungan sedikit, euro masih turun lebih dari 3% terhadap Dolar AS sejak referendum bersejarah Brexit bulan lalu. Selama satu bulan terakhir, EUR/USD tetap dalam perdagangan jarak terbatas antara 1,09 dan 1,12, di tengah kurangnya data relatif terhadap konsekuensi jangka panjang dari keputusan Inggris Raya untuk meninggalkan Uni Eropa.

EUR/USD mungkin mendapat support di 1,0909 terendah dari 24 Juni dan bertemu dengan resistance di 1,1166, tertinggi dari 14 Juli.

Pada hari Kamis, Dewan Pemerintahan ECB mempertahankan suku bunga acuannya, serta laju dan durasi program Pelonggaran Kuantitatif tidak berubah sampai menerima kejelasan lebih lanjut tentang implikasi dari Brexit pada perekonomian kawasan euro secara keseluruhan. Meskipun mengakui bahwa keputusan Inggris Raya telah menciptakan gejolak dalam prospek ekonomi zona euro. Draghi menekankan bahwa Dewan Pemerintahan bisa bergerak mengambil tindakan, secepatnya bulan September jika tindakan yang diperlukan untuk merangsang ekonomi.

“Jika diperlukan untuk mencapai tujuannya, Dewan Pengurus akan bertindak dengan menggunakan seluruh instrumen yang tersedia dalam mandatnya,” kata Draghi. “Saya akan menekankan kesiapan, kemauan (dan) kemampuan untuk melakukannya.”

Draghi juga mengabaikan perkiraan bahwa keberangkatan Inggris bisa menghapus pertumbuhan PDB tahunan sebanyak 0,5% di seluruh wilayah euro, mencatat bahwa durasi dan hasil negosiasi antar pihak bisa memerlukan waktu tahunan untuk menyelesaikannya. Pimpinan ECB juga mengatakan bahwa pasar keuangan menunjukkan “dorongan ketahanan,” selama periode Pasca Brexit, kredit pusat likuiditas perbankan dan batas swap diciptakan untuk membantu memastikan stabilitas.

Keputusan suku bunga terbaru Dewan Pemerintah tersebut datang sebelum Federal Open Market Committee (FOMC) bertemu di Washington di pekan depan untuk pertemuan Juli dua hari. Tenaga kerja dan pasar perumahan AS telah menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam beberapa pekan terakhir, anggota FOMC telah terbagi tentang waktu kenaikan suku bunga berikutnya. Federal Reserve telah mempertahankan suku bunga acuannya tetap pada masing-masing empat pertemuan pertama di tahun ini sejak menaikkan suku bunga jangka pendek 25 basis poin pada bulan Desember 2015 lalu.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun lebih dari 0,25% ke level terendah intraday di 96,77 sebelum naik sedikit ke 96,94 pada Kamis malam. Awal pekan ini, indeks melonjak di atas 97 untuk pertama kalinya dalam empat bulan saat mencapai level tertinggi sejak 10 Maret.

Imbal hasil pada 10 Tahun AS turun dua basis poin menjadi 1,56%. Imbal hasil 10-tahun AS Treasury telah turun lebih dari 75 basis poin selama setahun terakhir. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES