PT KONTAK PERKASA FUTURES – Liverpool tunduk 1-2 ketika berhadapan dengan AS Roma dalam partai friendly, Selasa (2/8/2016) pagi WIB. Dua gol tercipta di babak pertama dan satu gol lagi di babak kedua.

Dalam pertandingan yang dihelat di Busch Stadium, St. Louis, Missouri AS, tersebut Roma unggul lebih dulu melalui gol Edin Dzeko sebelum Liverpool menyamakan lewat Sheyi Ojo. Kemenangan Roma lalu dipastikan lewat gol Mohamed Salah.

Manajer Liverpool Juergen Klopp menurunkan sejumlah pemain yang baru ia dapatkan di musim panas seperti Georginio Wijnaldum, Sadio Mane, dan Alex Manninger. Ada pula pemain-pemain yang sudah jadi andalan macam Roberto Firmino, James Milner, dan Daniel Sturridge.

Sementara Entrenador Roma Luciano Spalletti juga menurunkan starting XI yang tak kalah kuat dengan menurunkan Juan Jesus, Stephan El Shaarawy, Salah, Radja Nainggolan, Kevin Strootman, dan Dzeko meskipun tak ada nama Francesco Totti.

Di menit awal, tepatnya menit ke-5, Manninger dipaksa membuat penyelamatan di bawah mistar gawang Liverpool. Kiper 39 tahun itu menepis bola sepakan El Shaarawy.

Roma masih terus menekan dengan Dzeko mencatatkan setidaknya dua peluang dalam rentang lima menit. Kedua peluang itu, di menit ke-7 dan ke-12, masih belum bisa dimaksimalkan si penyerang asal Bosnia.

Liverpool juga bukannya tanpa peluang. Kombinasi Mane dan Sturridge mengancam di menit ke-15 meskipun masih dikandaskan kiper Allison. Lima menit berselang, kiriman bola Milner bisa ditanduk Sturridge meskipun arahnya masih belum tepat sasaran.

Roma kemudian memimpin di menit ke-30. Sebuah kiriman bola panjang mengarah ke Dzeko yang kemudian berhasil melepaskan tembakan jitu dari tepi kotak penalti untuk menjebol gawang Liverpool.

Gol balasan dari Liverpool lahir di menit injury time sebelum paruh pertama berakhir. Dari sepak pojok, Milner mengirim bola ke tiang jauh untuk diteruskan Dejan Lovren dengan kepala. Si kulit bundar lantas diteruskan Ojo untuk bikin skor jadi 1-1.

Di paruh kedua Klopp mengganti nyaris seluruh pemainnya. Total 10 pemain ditarik dan diganti, sehingga cuma Wijnaldum yang masih bertahan dari starting XI di awal babak kedua.

Roma, yang masih bermain dengan 11 pemain sama sejak peluit pertama, kemudian memimpin lagi memasuki menit ke-62. Umpan silang Alessandro Florenzi ditanduk Dzeko dengan keras, tapi Simon Mignolet masih bisa menahannya. Sial untuk Liverpool, bola lalu justru mengarah ke kaki Salah yang tidak luput menyarangkan bola ke dalam gawang Liverpool dari jarak dekat.

Empat menit menjelang berakhirnya pertandingan, Liverpool tampaknya akan menyamakan kedudukan setelah bola tendangan bebas Philippe Coutinho disambut Danny Ings dengan tandukan jitu. Tapi si kulit bundar masih bisa diamankan Alisson. Skor 2-1 untuk kemenangan Roma.

Susunan Pemain

Liverpool: Manninger (Mignolet 46′), Clyne (Arnold 46′), Lovren (Wisdom 46′), Klavan (Stewart 46′), Milner (Alberto 46′ Randall 82′), Can (Henderson 46′), Wijnaldum (Brannagan 70′), Ojo (Lallana 46′), Mane (Coutinho 46′), Firmino (Marković 46′), Sturridge (Ings 46′)

Roma: Alisson, Florenzi (Torosidis 64′), Manolas (Gyömbér 75′), Juan Jesus, Emerson (Seck 78′), Nainggolan (Gerson 64′), Pares, Strootman (Perotti 75′), Salah (Ricci 64′), Dzeko (Totti 64′), El Shaarawy (Iturbe 64′). (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES