PT KONTAK PERKASA FUTURES – AS Roma menyudahi laga melawan Porto dengan sembilan orang pemain. Padahal, sebelum laga dimulai pemain-pemain Giallorossi sudah diperingatkan agar berhati-hati dan tak terkena kartu merah.

Menjamu Porto di Olimpico, Rabu (24/8/2016) dinihari WIB, Roma kebobolan gol Felipe pada menit kedelapan. Tertinggal satu gol pada menit-menit awal membuat Roma terlihat panik. Mereka wajib mencetak gol balasan karena pertemuan pertama yang digelar di markas Porto berakhir imbang 1-1.

Namun, bukannya menyamakan kedudukan, Roma malah kehilangan kaptennya, Daniele De Rossi. De Rossi diganjar kartu merah langsung akibat pelanggaran kerasnya terhadap Maxi Pereira pada menit ke-39.

Kartu merah itu membuat pelatih Luciano Spalletti menarik keluar Leandro Paredes dan memasukkan Emerson Palmieri untuk memperkuat pertahanan. Namun, Emerson malah ikut dikartu merah langsung pada menit ke-50 akibat pelanggaran ceroboh terhadap Jesus Corona.

Dalam kondisi tertinggal satu gol dan cuma punya sembilan pemain di lapangan, Roma masih berusaha untuk menyamakan skor. Namun, pertahanan mereka menjadi rapuh. Hal ini dimanfaatkan Porto untuk mencetak dua gol tambahan melalui Miguel Layun dan Jesus Corona.

Kalah telak 0-3 mengubur impian Roma untuk menembus fase grup Liga Champions. Mereka harus mengakui keunggulan Porto dengan agregat 1-4 dan harus rela turun ke Liga Europa.

“Saya sangat kecewa. Ini adalah sebuah pertandingan besar untuk kami. Namun, bukan cuma karena kami kalah, cara kami kehilangan kontrol permainan juga sangat mengecewakan,” ujar kiper Roma, Wojciech Szczesny, kepada Mediaset Premium.

Szczesny mengungkapkan bahwa Spalletti sebenarnya sudah meminta para pemain untuk berhati-hati agar tak diusir wasit. Setelah Thomas Vermaelen dikartu merah di markas Porto, Spalletti tak mau timnya kehilangan pemain lagi.

“Dia (Spalletti) meminta kami untuk tetap tenang dan betapa pentingnya untuk menuntaskan pertandingan dengan 11 pemain setelah apa yang terjadi pada laga sebelumnya. Ini adalah kesalahan kami karena tidak melakukan apa yang sudah diminta,” ujar Szczesny.

“Kami harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi hari ini karena itu harusnya tidak terjadi,” katanya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES