Rossi Saya Harus Minta Maaf Kepada Marquez KontakPerkasa Futures, Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengatakan bahwa ketika dia melewati Marc Marquez pada lap ketiga GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (17/5/2015), tidaklah direncanakan.

“Saat melewati dia, saya melakukan sedikit kesalahan ketika mengerem dan datang terlalu cepat (di tikungan). Biasanya, jika kamu tetap mengerem, akan terlalu berisiko karena terkadang kamu kehilangan kendali ban depan, lalu terjatuh dan melibatkan pebalap lainnya,” terang Rossi, usai balapan.

“Jadi, saya harus melepas (rem) dan saya melewatinya. Saya harus meminta maaf kepada Marc karena membuat dia sedikit melebar,” lanjutnya.

Rossi lalu melewati duo Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso, untuk meraih posisi kedua di belakang Jorge Lorenzo, yang bertahan hingga finis. Sementara Marquez sempat mengalami masalah dan tercecer ke urutan ketujuh, sebelum akhirnya berhasil menyelesaikan balapan di urutan keempat.

“Tahun lalu, Marc jauh lebih cepat dari kami saat pengereman. Dia juga punya banyak keuntungan karena bisa mengerem sangat dalam. Dia sangat bagus mengontrol motor Honda,” jelas Rossi tentang sang rival.

“Kami berusaha, bekerja sepanjang musim, dan sepertinya motor kami tahun ini lebih baik dalam pengereman. Jadi, kami bisa memakai motor dengan baik saat di tikungan, dan pada saat bersamaan kami tidak kehilangan waktu lebih banyak dibanding Marquez,” lanjut pebalap 36 tahun tersebut.

Rossi saat ini masih memimpin klasemen dan memiliki keunggulan 33 poin atas Marquez yang tertahan di peringkat keempat. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.