Rossi Sempat Tak Yakin Waktu Lihat Hujan Turun KontakPerkasa Futures, Meski menang di MotoGP Inggris, Valentino Rossi sempat tak yakin waktu mengetahui balapan berpotensi berjalan dalam kondisi basah. Sebabnya tak ada banyak data untuk melakoni balapan di bawah hujan.

Rossi yang start dari posisi empat, tampil sebagai pemenang dalam balapan di sirkuit Silverstone, Minggu (30/8/2015) malam WIB. Pebalap Movistar Yamaha itu mengungguli Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso di posisi dua dan tiga.

Rossi sebenarnya tak terlalu dijagokan di balapan ini karena sepanjang sesi latihan bebas sampai kualifikasi, dia selalu berada di belakang rekan setim, Jorge Lorenzo, dan rider Repsol Honda Marc Marquez. Marquez memimpin di sesi latihan bebas pertama dan kualifikasi, sedang Lorenzo di sesi latihan kedua dan ketiga.

Turunnya hujan dinilai menjadi berkah tersendiri untuk Rossi, karena dengan begitu laju Lorenzo dan Marquez teredam. Namun demikian, Rossi mengaku situasinya tak sesederhana itu karena timnya pun tak punya banyak data terkait balapan basah di musim ini.

Baru di sesi pemanasan, pemilik sembilan gelar juara dunia itu merasa yakin dengan laju motornya. Hujan pada prosesnya benar-benar jadi berkah untuk Rossi karena Marquez dan Lorenzo gagal naik podium. Marquez terjatuh saat membuntutinya, sementara Lorenzo finis keempat.

“Pagi ini ketika saya bangun tidur dan melihat hujan turun, saya tidak tahu apakah itu kabar bagus atau bukan. Karena sepanjang musim ini kami tidak punya banyak data untuk balapan basah,” kata Rossi dikutip Crash.

“Tapi saya rasa kerja dari tim saya membuat perbedaan dan juga motor Yamaha saya terasa fantastis. Dari putaran pertama di sesi pemanasan kami menemukan keseimbangan yang bagus dan saya melaju dengan sangat tangguh,” imbuhnya.

 

Satu situasi rumit yang sempat jadi kekhawatiran Rossi adalah ketika cuaca tampak sedikit membaik sebelum start. Itu sebabnya semua pebalap bersiap melakoni start dengan ban kering. Namun kemudian hujan turun dan berangsur-angsur deras, memaksa start ditunda dan balapan diputuskan berjalan dalam kondisi basah.

“Di grid, saya sempat cukup khawatir karena kemungkinan kondisi terburuk: dingin, sedikit hujan, memulai dengan ban slick, dan balapan kencang. Jadi saya merasa senang ketika hujan mulai lebih deras di lap pemanasan. Dari sana saya tahu bahwa saya punya kecepatan,” demikian pebalap 36 tahun ini.

Dengan kemenangan di Inggris ini, Rossi kembali menempati puncak klasemen dengan nilai 236. Lorenzo masih menguntit dengan 224 poin. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.