5Penasihat kebijakan luar negeri Presiden Vladimir Putin, Yuri Ushakov mengatakan Rusia siap mengadakan pertemuan lain yang disebut pertemuan kelompok kontak tentang Ukraina timur pekan ini.

Anggota-anggota œkelompok kontak yaitu Rusia, Ukraina, kelompok separatis yang didukung Rusia dan Organisasi Kerjasama Keamanan Eropa OSCE telah menandatangani perjanjian gencatan senjata di Ukraina Timur tanggal 5 September lalu di Minsk, Belarus.

Kantor berita Rusia RIA Novosti melaporkan wakil Republik Rakyat Donetsk yang mengumumkan sendiri kemerdekaannya Denis Pushilin hari Senin (8/12) mengatakan agenda pertemuan itu seharusnya mencakup soal gencatan senjata, upaya mengakhiri apa yang disebutnya sebagai blokade di daerah-daerah yang dikuasai kelompok pemberontak di Ukraina Timur, dan memungkinkan pelaksanaan status khusus di daerah-daerah itu.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko hari Sabtu (6/12) mengatakan perjanjian pendahuluan untuk pertemuan kelompok kontak itu di Minsk hari Selasa (9/10) telah tercapai.

 

Artikel: kontakperkasa futures.