Saham Asia Jatuh menjelang data GDP A.SSaham Asia terjatuh dipimpin oleh saham di Tokyo, seiring kajian investor terhadap penurunan yang melebihi estimasi dalam penjualan retail di Jepang menjelang proyeksi data yang dapat menunjukkan penyusutan ekonomi A.S pada kuartal terakhir.

Index MSCI Asia Pacific turun 0.1% pada 10:02 pagi di Tokyo, setelah penutupan dilevel tertingginya Rabu kemarin sejak November lalu.

Index Nikkei 225 Jepang dan Index S&P/ASX 200 Australia turun sedikitnya 0.3%, index S&P 500 sedikit berubah setelah acuan tersebut jatuh dari rekor sebelumnya.

Penjualan retail Jepang tahun ini jatuh untuk pertama kalinya, tergelincir sebanyak 13.7% dibulan April kemarin setelah para analis memprediksikan penurunan sebesar 11.7%.

Data hari ini pada GDP (gross domestic product) A.S kemungkinan akan melihat adanya pembacaan awal pertumbuhan dikuartal pertama yang telah direvisi menjadi kontraksi sebesar 0.5%, berdasarkan pengamatan ekonom.

Data Eropa dari penjualan retail Jerman hingga tingkat inflasi Spanyol, pekan ini akan diteliti ditengah spekulasi bahwa pihak ECB (European Central Bank) kemungkinan akan mendongkrak stimulus pada rapat Juni nanti.

Artikel: kontakperkasa futures.