Saham Asia Jatuh untuk Pertama Kali dalam Empat Hari Terakhir Terkait Kredit ChinaSaham Asia jatuh mengirim indeks regional berada di jalur penurunan untuk pertama kalinya dalam empat hari terakhir pasca laporan menunjukkan kredit macet China melonjak tinggi sejak 2005 lalu dan yen menguat di tengah kekhawatiran tentang pertumbuhan global.

Indeks MSCI Asia Pacific turun sebesar 0,4 persen ke level 139.90 pukul 9:02 pagi di Tokyo, Mengupas penguatan mingguan menjadi 1,4 persen. Pasar finansial di Hong Kong dan China belum dibuka ketika berita ini dibuat. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 bergerak mendatar pasca indeks turun tajam dalam sebulan terakhir kemarin.

Bank-bank China mengalami peningkatan kredit macet kuartalan terbesar sejak tahun 2005 lalu seiring perlambatan ekonomi yang menyebabkan meningkatnya default, laporan menunjukkan kemarin. Sebuah penurunan yang tak terduga pada data output industri AS dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) lebih lemah dari proyeksi di Eropa juga memicu kekhawatiran atas prospek ekonomi global, mendorong yen menguat ke level tertingginya dalam hampir dua bulan terakhir kemarin.

Indeks Topix Jepang merosot sebesar 1,6 persen karena yen ditransaksikan di level 101,49 per dolar. Indeks Kospi Korea Selatan anjlok sebesar 0,4 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia turun sebesar 0,2 perse , sementara Indeks NZX 50 Selandia Baru melemah sebesar 0,4 persen.

Artikel: kontakperkasa futures.