Saham Asia Menguat berkat Kenaikan Saham Teknologi, Ekuitas Cina Gain KontakPerkasa Futures, Indeks saham Asia rebound pasca penurunan empat minggu seiring penguatan saham Cina dan Taiwan sementara ekuitas Jepang memangkas kerugian curam mereka.

MSCI Asia Pacific Index naik 0,4 persen ke level 126,09 pada pukul 16:28 sore pada pukul waktu Hong Kong, berayun dari penurunan 0,6 persen. Keuntungan terbesar terlihat di Taiwan, di mana indeks Taiex rally 2,6 persen, yang merupakan reli terbesar sejak September terkait optimisme Apple Inc. untuk pesanan iPhone 7 akan lebih tinggi dari yang diperkirakan. Indeks Topix Jepang turun 0,4 persen pada penutupan perdagangan hari ini, setelah meluncur sebanyak 1,8 persen, seiring penguatan yen di tengah perseteruan antara kepala keuangan G-7 terkait intervensi di pasar mata uang.

Perjalanan berliku dilalui investor ekuitas Asia-Pasifik tahun ini. Indeks regional memulai 2016 dengan penurunan 14 persen sampai ke level terendah Februari pada kekhawatiran devaluasi yuan China akan mengekang pertumbuhan global dan di tengah prospek kenaikan suku bunga Federal Reserve. Indeks ini kemudian rally hampir 20 persen sampai level puncak tahun ini pada bulan April sebelum kembali turun, dengan indeks kehilangan 5,6 persen dalam empat minggu terakhir. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.