Saham Asia Meningkat untuk Hari Ketiga terkait Rilis Data Ekonomi AS KontakPerkasa Futures, Saham Asia naik untuk hari ketiga pasca rilis data penjualan ritel yang memperkuat keyakinan kekuatan ekonomi AS dan yen kembali melemah mendongkrak saham Jepang.

Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,2 persen ke level 147,81 pukul 09:01 di Tokyo, menuju penurunan sebesar 0,1 persen pekan ini. Indeks Topix Jepang naik sebesar 0,2 persen pasca yen melemah sebesar 0,6 persen terhadap dolar Kamis kemarin. Indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,2 persen seiring penjualan ritel AS yang mengalami kenaikan pada bulan Mei dan aplikasi untuk tunjangan pengangguran tetap di bawah 300.000 selama 14 pekan berturut-turut. Dana Moneter Internasional mengatakan timnya melakukan negosiasi dengan Yunani telah meninggalkan Brussels setelah gagal membuat kemajuan pada kesepakatan utang.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras untuk menghentikan manuver dan memutuskan apakah akan menerima kondisi terkait bantuan keuangan. Tusk meninggalkan posisi netral sebagai broker dari kompromi Uni Eropa memberi sinyal kreditur Yunani sedang mempersiapkan untuk memberikan ultimatum Tsipras.

Indeks Kospi Korea Selatan naik sebesar 0,6 persen. Indeks NZX 50 Selandia Baru menguat sebesar 0,1 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia turun sebesar 0,1 persen. Pasar saham di Cina dan Hong Kong belum dibuka ketika berita ini diturunkan.

Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 0,3 persen pada Kamis, naik untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir seiring pertumbuhan produksi industri lebih tinggi dari estimasi dan pemberian kredit serta lonjakan penjualan rumah baru mengisyaratkan perekonomian China mulai stabil. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.