Saham Asia Naik Menuju Level Tertinggi Enam Tahun Seiring Hong Kong Memimpin GainSaham Asia menguat dengan indeks acuan regional berada di jalur penutupan tertingginya dalam enam tahun terakhir terkait spekulasi investor atas meningkatnya ketegangan di Ukraina atas jatuhnya sebuah pesawat penumpang Malaysia Airlines tidak akan menghambat pertumbuhan ekonomi global.

Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,6 persen ke level 147,81 pukul 16:03 sore di Hong Kong, bersiap untuk penutupan tertingginya sejak Juni 2008 lalu. Lebih dari dua saham yang naik untuk setiap satu saham yang turun. Menteri luar negeri Uni Eropa akan melakukan pertemuan pada hari ini untuk membahas sanksi terhadap Rusia di tengah kemarahan atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di atas wilayah Ukraina.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik sebesar 1,7 persen, Indeks Hang Seng China Enterprises, saham perusahaan China yang ditransaksikan di Hong Kong naik sebesar 2,4 persen dan indeks Shanghai Chomposite naik sebesar 1 persen di tengah spekulasi pemerintah China yang akan berbuat lebih banyak untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi.

Indeks Topix Jepang ditutup naik sebesar 0,8 persen. Indeks Kospi Korea Selatan melonjak sebesar 0,5 persen diiringi Kangwon Land menguat sebesar 4,2 persen ke level 34.450 won. Indeks S&P / ASX 200 Australia, Indeks NZX 50 Selandia Baru dan Indeks Straits Times Singapura semuanya naik tipis sebesar 0,1 persen. Indeks Taiex Taiwan naik sebesar 0,6 persen.

 Artikel: kontakperkasa futures.