Saham Asia Naik Setelah Jepang Memperpanjang Kenaikan Terhadap YenBloomberg (26/12) Saham-saham Asia menguat, dengan indeks acuan regional menuju kemenangan beruntun terpanjang dalam tiga bulan, setelah saham Jepang memperpanjang kenaikan pasca yen menuju level terendah dalam lima tahun terakhir.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1 persen menjadi 139,32 pada pukul 09:02 pagi di Tokyo. Jepang Nikkei 225 Stock Average naik 0,5 persen setelah kemarin ditutup di atas 16.000 untuk pertama kalinya sejak Desember 2007. Yen jatuh setelah Bank of Japan meneruskan pelonggaran belum pernah terjadi sebelumnya, sementara Federal Reserve bersiap untuk memangkas stimulus mulai bulan Januari mendatang.

Indeks Topix Jepang naik 0,4 persen. Indeks ekuitas naik 46 persen tahun ini sampai dengan kemarin, yang terbesar di antara 24 pasar berkembang utama yang dilacak oleh Bloomberg, setelah Perdana Menteri Shinzo Abe dan bank sentral mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri deflasi dalam 15 tahun.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,3 persen setelah pembukaan kembali dari hari liburan. Pasar di Australia, Selandia Baru dan Hong Kong ditutup hari ini.

 Artikel: kontakperkasa futures.