4Saham China berayun antara keuntungan dan kerugian karena penurunan tajam dari perkiraan harga produsen sehingga kekhawatiran terhadap perlambatan perekonomian China.

Indeks Shanghai Composite turun 0,5 % ke level 2,843.02 pukul 09:51 pagi, sehingga memperpanjang penurunan sebesar 5,4 % kemarin, merupakan penurunan terbesar dalam lima tahun terakhir. Sementara indeks volume perdagangan sebesar 81 % di atas RSI 30-hari karena volatilitas 30-hari mencapai level tertinggi sejak Juli 2013 lalu.

Indeks harga produsen turun 2,7 % pada bulan lalu dari tahun sebelumnya, menurut Biro Statistik Nasional, dibandingkan dengan prediksi para analis rata-rata penurunan 2,4 % dalam survei Bloomberg News. Sementara harga konsumen naik 1,4 %, dibandingkan dengan kenaikan 1,6 % pada Oktober lalu.

Volatilitas saham meningkat, bersamaan dengan berayunnya indeks Shanghai lebih dari 250 poin kemarin, karena para investor menilai keberlanjutan reli yang menduduki setiap pasar lain di seluruh dunia selama bulan lalu dan mendorong harga saham ke level yang paling tinggi sejak 2011 lalu. Sementara nilai ekuitas yang ditransaksikan pada bursa China mencapai 1,24 triliun yuan ($ 200 milyar) kemarin, hampir lima kali rata-rata dalam satu tahun.

Artikel: kontakperkasa futures.