Saham China di Hong Kong Perpanjang Reli Jelang Rilis DataSaham China naik,mengirimkan saham acuan Hong Kong menuju gain dua hari terbesar selama tiga bulan terakhir, menjelang dirilisnya data ekspor untuk Januari.

New China Life Insurance Co. naik 2.1% di Hong Kong, memimpin sektor asuransi menuju reli hari kedua pasca China International Capital Corp. menganjurkan untuk membeli saham dari perusahaan asuransi jiwa, sementara itu Beijing Wangfujing Department Store Group Co. naik 7.8% di Shanghai, menambahkan reli kemarin sebesar 10% setelah mengatakan bahwa mereka akan bekerjasama dengan pihak Tencent Holdings Co. pada program mobile shopping. Selain itu saham dari sektor energi dan juga and perusahaan material mengalami penurunan di Shanghai.

Index Hang Seng China Enterprises naik 1% ke level 9,951.30 pada jam 9:40 pagi waktu lokal, yang memperpanjang lonjakan kemarin sebesar 2.5% setelah prediksi reli pada market dari JPMorgan Chase & Co. dalam beberapa minggu kedepan.

Sedangkan index Shanghai Composite telah bertambah sebanyak 0.2% ke level 2,107.95, yang mengalami kenaikan untuk hari keempat dalam rentang gain terpanjang sejak Oktober.

Sementara ekspor di China kemungkinan naik sebanyak 0.1% dibulan Januari, berdasarkan estimasi median yang terdiri dari 43 ekonom, yang berkurang dari pertumbuhan sebesar 4.3% sebulan sebelumnya.

Akselerasi pada pertumbuhan impor kemungkinan telah bergerak ke level 4% dari setahun sebelumnya dari level 8.3% untuk sebuah surplus perdagangan sebesar $23.45 Milyar. Selain itu administrasi pabean negara tersebut dijadwalkan untuk menerbitkan data tersebut pada sekitar jam 10 pagi.

Index CSI 300 naik 0.1% ke level 2,287.12. sementara index Bloomberg China-US Equity yang terdiri dari saham China yang paling banyak diperdagangkan di A.S kemarin telah melonjak 2.7%, yang dipimpin oleh sektor maskapai penerbangan.

Acuan Shanghai mengalami reli sebanyak 5.7% hingga kemarin sejak rekor penurunan rasio price-to-earnings pada tanggal 20 Januari, memangkas penurunan tahun ini ke level 0.6%. dengan kelipatan yang mengalami rebound ke level 7.9 kali, setelah bulan lalu jatuh ke level 7.5. selain itu acuan dari H-shares ditransaksikan pada level 6.5 kali proyeksi laba selama 12-bulan, dibandingkan dengan rata-rata lima tahun dilevel 9.6, berdasarkan data Bloomberg.

 Artikel: kontakperkasa futures.