2Saham China naik pada awal perdagangan hari pertama tahun 2015, memperpanjang keuntungan untuk pasar ekuitas berkinerja terbaik dunia tahun lalu, seiring saham perusahaan transportasi dan pengembang properti rally.

Indeks Shanghai Composite Index naik sebesar 1,5 persen ke level 3,281.52 pukul 09:50 pagi, menuju penutupan tertinggi sejak 5 Januari 2010 lalu. Indeks CSI 300 melonjak sebesar 1,5 persen. Pasar China daratan ditutup pada 1 Januari dan 2 untuk hari libur umum.

Indeks Hang Seng Hong Kong China Enterprises turun sebesar 0,3 persen, pasca menguat sebesar 2,2 persen pada jumat lalu, sedangkan indeks Hang Seng terkoreksi sebesar 0,4 persen. Indeks saham China-AS Bloomberg, Indeks saham perusahaan China terdaftar yang paling ditransaksikan di AS, naik 0,2 persen pada jumat kemarin.

Indeks Shanghai Composite naik sebesar 53 persen ke level 3,234.68 pada 2014 lalu untuk mencatat kinerja tahunan terbaik dalam lima tahun terakhir di tengah spekulasi pemerintah yang akan melonggarkan kebijakan moneter untuk mendorong pertumbuhan. Data terbaru menunjukkan pelemahan, dengan keuntungan industri merosot tajam dalam dua tahun terakhir pada bulan November, perkiraan pertumbuhan membuntuti agregat pembiayaan dan turunnya impor.

Artikel: kontakperkasa futures.