Saham Hong Kong Naik ke Level Tertinggi 3 Tahun Dari Manufaktur (24 Juni 2014)Saham-saham Hong Kong naik dengan mengirim indeks acuan memperoleh gain tertingginya tiga tahun terakhir, indeks manufaktur China melampaui perkiraan analis.

Saham Great Wall Motor Co naik sebesar 7,4 persen seiring perusahaan China International Capital Corp merekomendasikan sahamnya pasca produsen mobil membukukan hasil awal. Saham Ping An Insurance (Group) Co melonjak sebesar 3,7 persen, memberikan dorongan terbesar untuk indeks saham China. Saham Agile Property Holdings Ltd naik sebesar 5,6 persen seiring pengembang di China mengalami reli. Saham Huadian Power International Corp merosot sebesar 6,8 persen pasca utilitas mengumumkan penempatan saham.

Indeks Hang Seng (HSI) menguat sebesar 0,7 persen ke level 24,141.50 di Hong Kong hari ini, penutupan tertingginya sejak 11 April 2011 silam. Indeks Hang Seng China Enterprises, indeks saham acuan China yang ditransaksikan di Hong Kong, naik sebesar 1,1 persen ke level 10,939.57. Saham-saham mengalami reli karena indeks pembacaan awal pembelian manajer (PMI) di China oleh HSBC Holdings Plc dan Markit Economics berada level 52 untuk bulan Juli, mengalahkan perkiraan para ekonom untuk di level 51.

Rilis laporan pada hari ini, yang dikenal sebagai flash PMI, biasanya didasarkan kenaikan dari 85 persen menjadi 90 persen dari survei yang dikirim ke manajer pembelian di lebih dari 420 perusahaan. Pembacaan akhir yang dirilis tanggal 1 Agustus sebanyak 21 analis mengestimasi hari ini berkisar 50,5-51,5.

Pembacaan indeks merupakan yang tertinggi sejak Januari 2013 lalu dan meningkat sebesar 50,7 pada bulan Juni lalu, ketika mengukur pindah ke wilayah pertumbuhan untuk pertama kalinya tahun ini. Level di atas ekspansi 50 sinyal.

Artikel: kontakperkasa futures.