PT KONTAK PERKASA – Saham Jepang cenderung labil dalam perdagangan ringan menjelang voting Brexit dan seiring investor menunggu pidato dari Ketua Federal Reserve.

Indeks Topix cenderung mengambang dalam seminggu terakhir, dengan melonjaknya volatilitas jangka pendek, seiring investor menunggu voting Brexit Inggris Raya. Referendum Inggris pada keanggotaan Uni Eropa masih sulit untuk diprediksi 2 hari sebelum pemungutan suara dilaksanakan, dengan jajak pendapat terpisah menunjukkan kelebihan untuk kedua kubu. Di AS, Yellen dijadwalkan untuk berpidato terkait kebijakan moneter sebelum pidato para anggota parlemen pada hari Selasa dan Rabu untuk laporan setengah tahunan, yang juga akan berfungsi sebagai isyarat bagi investor.

Topix naik 0,4 % ke level 1,284.24 pada istirahat perdagangan di Tokyo, membalikkan kerugian sebelumnya sebanyak 1,3 %. Volume pada indeks yakni sekitar 11 % di bawah rata-rata 30 hari. Nikkei 225 Stock Average menguat 0,5 % ke level 16,046.62. Yen tergelincir 0,2 % ke level 104,12 /dolar, menuju penurunan pertama dalam 8 hari.

Sekitar 10 saham menguat untuk setiap 7 yang jatuh di Topix. Produsen obat, produsen alat listrik, dan produsen makanan memberikan kontribusi terbesar untuk indeks. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES