Saham Jepang Naik Setelah Yen Melemah Memicu Indeks Topix ReboundSaham-saham Jepang naik, dengan indeks Topix rebound dari empat hari kerugian, setelah yen melemah terhadap dolar.

Topix naik 1,3 persen menjadi 1,239.98 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo, setelah kemarin ditutup pada level terendahnya sejak 16 Desember yang lalu. Nikkei 225 Stock Average naik 1,4 persen menjadi 15,184.16. Yen turun 0,3 persen menjadi 103,24 per dolar setelah bank sentral Turki menggandakan suku bunga acuannya untuk membendung kemerosotan mata uang Turki, mengurangi permintaan untuk aset haven. Komite Pasar Terbuka Federal AS menyimpulkan pertemuan dua harinya pada hari.

Topix turun 6 persen dalam tahun ini sampai kemarin di tengah kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi yang melambat di China dan setelah bank sentral AS memotong program stimulusnya. Acuan ekuitas Eropa dan AS kemarin naik setelah sektor pertambangan yang terdaftar di London naik dan laba pada perusahaan-perusahaan dari Pfizer Inc. hingga DR Horton Inc. melampaui estimasi.

Lebih dari 500 perusahaan pada indeks Topix melaporkan laba mereka pada minggu ini, dengan sekitar 640 pengajuan hasil pada minggu depan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Advantest Corp. kemarin meningkatkan perkiraan kerugian untuk tahun ini.

Topix melonjak 51 persen pada tahun 2013 setelah Perdana Menteri Shinzo Abe dan Bank of Japan mengambil langkah untuk mengakhiri 15 tahun deflasi. Ukuran kemarin diperdagangkan pada 1,24 kali nilai aktiva bersih, dibandingkan dengan nilai buku sebesar 2,57 untuk indeks Standard & Poor dan 1.80 untuk indeks Stoxx Europe 600. Kontrak pada indeks S & P 500 naik 0,4 persen pada hari ini setelah indeks ekuitas naik 0,6 persen kemarin.

 Artikel: kontakperkasa futures.