Saham Tencent Dongkrak Saham HK Lanjutkan Gain KemarinSaham-saham Hong Kong menguat mengirim indeks acuan memperpanjang kenaikan terbesarnya dalam tujuh pekan terakhir seiring saham Tencent pimpin kenaikan dan saham sektor pengembang naik. Laporan output pabrik China dan penjualan ritel yang akan dirilis hari ini.

Indeks Hang Seng naik sebesar 0,5 persen ke level 22,370.61 pukul 9:31 pagi di Hong Kong pasca naik sebesar 1,8 persen kemarin. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, naik sebesar 0,6 persen ke level 9,886.40.

Saham-saham di Hong Kong dan China menguat kemarin pasca Dewan Negara berjanji untuk meningkatkan kualitas dan akses ke saham, obligasi dan pasar komoditas bangsa. Indeks Hang Seng turun sebesar 4,5 persen tahun ini melalui kemarin di tengah tanda-tanda momentum ekonomi China yang melambat. Indeks ditransaksikan sebesar 10,3 kali estimasi laba pada penutupan terakhir, dibandingkan dengan 16,1 untuk indeks Standard & Poor 500.

Para ekonom memperkirakan produksi industri China naik sebesar 8,9 persen pada April lalu dari tahun sebelumnya, setelah turun sebesar 8,8 persen pada bulan Maret, melambat untuk bulan ketiga. Ekspansi ritel jual diperkirakan telah diadakan di level 12,2 persen. Laporan kemarin menunjukkan tingkat kredit baru di China jatuh bulan lalu karena pihak otoritas bertindak untuk mengendalikan utang dan membatasi risiko keuangan. Pembiayaan agregat turun menjadi 1,55 triliun yuan ($249 miliar) pada April lalu dari 2,07 triliun yuan pada bulan Maret.

Artikel: kontakperkasa futures.