Saham Tencent Turun, Bursa Saham HK Perpanjang PelemahanBursa saham Hong Kong melemah, indeks acuan tersebut perpanjang pelemahan setelah sebelumnya mencapai level 5 pekan terendahnya akibat saham Tencent Holdings Ltd. tergelincir mengikuti aksi jual saham internet di AS dan pelemahan saham property di China.

Indeks Hang Seng melemah 0.4% ke level 21,893.02 pukul 9:30 pagi waktu Hong Kong. Indeks Hang Seng China Enterprises atau Indeks H-share melemah 0.1% ke level 9,732.28.

Indeks Hang Seng telah mengalami penurunan 5.7% sepanjang tahun 2014 ini hingga tanggal 5 Mei kemarin dan Indeks H-share turun 9.9% ditengah kekhawatiran China tidak akan mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 7.5%. Indeks Hang Seng diperdagangkan sebesar 10.2 kali dari estimasi laba pada tanggal 5 Mei lalu dibandingkan dengan 15.9 pada Indeks Standard & Poor 500 kemarin.

Para ekonom memperkirakan bahwa GDP (gross domestic product) China tahun ini akan mencapai 7.3%, yang merupakan laju terendah sejak 1990 lalu. Sementara property pada kuartal pertama ini menurun dan rilis data manufaktur swasta bulan April menunjukkan penurunan, sebuah data pemerintah yang dirilis 3 Mei lalu menunjukkan industri jasa sedang mengalami kenaikan.

 Artikel: kontakperkasa futures.