Satu Dekade Loew sebagai Pelatih Timnas Jerman KontakPerkasa Futures, Sudah 10 tahun Joachim Loew duduk di kursi pelatih tim nasional Jerman. Kini ia di ambang turnamen besar kelimanya di posisi tersebut.

Dalam catatan DPA, berkat periode 10 tahun itu pula peracik taktik berusia 56 tahun tersebut bakal menjadi pelatih timnas pertama yang melatih timnya di tiga Piala Eropa.

Pada kurun waktu itu sendiri, Loew secara beruntun sudah membawa Die Mannschaft runner-up Piala Eropa 2008, posisi tiga Piala Dunia 2010, semifinal Piala Eropa 2012, dan juara Piala Dunia 2014.

“Ini masih terasa amat menyenangkan buat saya,” kata Loew kepada DPA.

Pada 10 Juni-10 Juli mendatang, Loew akan menghadapi turnamen besar kelima sebagai pelatih Jerman, dalam usaha melanjutkan kesuksesan di Piala Dunia dua tahun lalu.

“Saya masih merasakan dorongan untuk terus mengembangkan tim dan para pemain, dan saya amat menikmati kesuksesan yang kami dapat di Piala Dunia Brasil. Bagian dari dorongan dan motivasi itu adalah (hasrat) mengulangi keberhasilan menjuarai titel,” sebutnya.

Berkat perjalanan panjangnya sebagai pelatih, dan sebelum itu asisten pelatih Juergen Klinsmann, di timnas Jerman maka kini Loew pun sudah lebih berpengalaman dalam menangani ini-itu menjelang turnamen.

“Dibandingkan sebelumnya saya kini lebih tahu apa yang terjadi pada sebuah turnamen, tindakan-tindakan apa yang perlu diambil, bagaimana harus fokus ke hal yang penting,” ujar Loew.

“Saya tahu apa yang datang dari luar tidaklah masuk hitungan. Sebagai pelatih Anda punya tanggung jawab dan harus mengambil keputusan. Anda harus terus mengarahkan pandangan ke hal yang penting buat tim, para pemain. Itulah yang harus diperhatikan dalam turnamen,” tuturnya.

Loew resmi mulai menangani Jerman sebagai pelatih kepada pada 13 Juli 2006 silam, menyusul keputusan Klinsmann tidak memperpanjang kontrak. Momen satu dekade Loew di posisi itu tentu akan terasa sangat pas jika bisa ditandai dengan trofi Piala Eropa usai final 10 Juli nanti. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.