Sentimen Konflik Irak, Minyak Menuju Gain Mingguan TertingginyaMinyak mentah WTI (West Texas Intermediate) dan Brent menuju gain mingguan tertingginya sepanjang tahun 2014 ini akibat pejuang Islam meningkatkan aktivitasnya di Irak, sehingga memicu kekhawatiran kembalinya perang sipil.

Hari ini kontrak berjangka di New York naik sebesar 1.1%, sementara kontrak Eropa catat gain 1.5% di London. Pasukan militer Irak, sedang berupaya menggempur milisi Islam dari utara Baghdad setelah mereka menyerbu posisi angkatan darat di Mosul pada pekan ini. Kemarin Presiden AS Barack Obama menyatakan bahwa dia tidak akan melakukan serangan udara guna membantu pemerintah Irak.

WTI untuk pengiriman Juli naik 8 sen ke level $106.61 per barel pukul 9:20 pagi di New York Mercantile Exchange. Kontrak berjangka WTI menyentuh level $107.68, level tertinggi sejak 19 September tahun lalu. Volume semua kontrak berjangka diperdagangkan lebih dari 2 kali lipat 100 hari rata-rata. Pekan ini harga mengalami kenaikan sebesar 3.8%.

Brent untuk penyelesaian Juli atau yang berakhir hari ini naik 6 sen ke level $113.08 per barel di ICE Futures Europe exchange, London. Mencapai level $114.69, tertinggi sejak 9 September tahun lalu. Kontrak Agustus naik 7 sen ke level $112.48. Pekan ini kontrak harga untuk bulan depan naik 4.1%, kenaikan tajam sejak Juli tahun lalu. Volume lebih dari 2 kali lipat 100 hari rata-rata.

Acuan minyak mentah Eropa diperdagangkan lebih tinggi sebesar $6.52 dibanding WTI, naik dari level penutupan kemarin $6.49.

Artikel: kontakperkasa futures.