Sering Jeblok di Kualifikasi, Rossi Sebut YZR-M1 Belum Cukup Cepat KontakPerkasa Futures, Valentino Rossi tak pernah dapat hasil memuaskan di enam sesi kualifikasi yang sudah dilalui musim ini. The Doctor percaya YZR-M1 masih punya potensi kecepatan untuk dikembangkan dalam upayanya dapat posisi start oke.

Rossi boleh saja memuncaki klasemen pebalap saat ini, meski keunggulannya dari Jorge Lorenzo cuma enam angka. Pebalap 36 tahun itu juga punya statistik oke karena dia menjadi satu-satunya rider yang selalu menuntaskan balapan di atas podium.

Tapi Rossi terbilang sangat buruk di kualifikasi. Sejauh ini hasil terbaik yang dia raih adalah menempati posisi start keempat, yang didapat di MotoGP Austin. Saat menjadi juara Qatar dan Argentina dia memulai balapan dari posisi delapan. Di Spanyol dia dapat posisi lima, urutan start tujuh di Prancis dan kembali ke posisi delapan di MotoGP Italia.

Atas dasar itulah Rossi menilai kalau potensi YZR-M1 belum sepenuhnya termaksimalkan. Tunggangannya itu diyakini bisa melesat lebih cepat, demi memberinya posisi start yang lebih oke.

“Kami harus berkembang di beberapa bagian kecil lagi. Kami harus lebih baik dalam menemukan setelan motor dan kami harus lebih cepat sehingga bisa memulai balapan dari posisi yang lebih baik,” curhat Rossi jelang MotoGP Catalunya.

“YZR-M1 sangat baik, kami berada di posisi satu dan dua di kejuaraan ini dan pada beberapa balapan terakhir Jorge menunjukkan daya saing motornya. (Jarak) kami dekat dan kami akan bekerja keras untuk membuatnya jadi balapan yang bagus di Barcelona,” lanjutnya seperti diberitakan Crash.

Rossi saat ini memuncaki klasemen pebalap dengan koleksi 118 poin. Setelah enam seri terlalui dia unggul enam poin dari Lorenzo. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.