PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pep Guardiola akan membiarkan para pemain Manchester City untuk memutuskan siapa yang menjadi kapten di tengah absennya Vincent Kompany.

Kompany terus dirongrong cedera betis di musim lalu. Setelah betisnya pulih, Kompany kemudian mengalami masalah di paha dan pangkal paha hingga harus absen di Piala Eropa 2016.

Jelang bergulirnya musim 2016-17, Kompany masih berupaya untuk pulih sepenuhnya. Belum bisa dipastikan apakah kapten City itu bisa tampil di pekan perdana Premier League melawan Sunderland pada 13 Agustus mendatang.

Jika Kompany absen, entah di laga perdana maupun di laga-laga lainnya, Guardiola akan membiarkan pemain City untuk menentukan sendiri kaptennya. Sebelumnya, Yaya Toure dan Joe Hart adalah pemain sudah pernah mengenakan ban kapten ketika Kompany absen.

“Pemain yang memutuskan, mereka harus memilih kaptennya. Mereka harus memutuskan,” ujar Guardiola seperti dikutip dari Telegraph.

“Vincent tidak akan bermain untuk dua alasan: apakah karena dia cedera, yang sudah terjadi kepada Vincent Kompany dalam dua musim terakhir, atau karena keputusan saya.”

“Ini bukan masalah besar. Saya pikir ada banyak pemain berpengalaman yang bisa melakukannya — Joe Hart, Yaya Toure, juga Pablo Zabaleta. Kun Aguero sudah ada di sini untuk waktu yang lama. Jadi mereka harus memutuskan siapa kapten sesungguhnya untuk mereka.”

“Saya tidak di ruang ganti, atau pertemuan mereka ketika mereka harus mengubah sesuatu. Mereka harus memilih untuk diri mereka sendiri orang terbaik untuk mewakili mereka,” kata Guardiola.

“Kami baru bersama-sama selama beberapa pekan atau sebulan dan mereka saling mengenal lebih baik daripada saya. Ini adalah tanggung jawab mereka.” (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES