Soal Tiga Juri yang Salah Isi Kolom Nilai untuk Mayweather dan Pacman KontakPerkasa Futures, Banyak yang menganggap juri membuat keputusan kontroversial saat memenangkan Floyd Mayweather Jr atas Manny Pacquiao. Teori konspirasi mulai muncul saat ketiga juri ternyata kompak salah mengisi poin nilai.

Keputusan ketiga juri untuk memenangkan Mayweather tidak memuaskan sebagian besar dari belasan ribu penonton yang hadir di MGM Arena, Minggu (3/5/2015) pagi lalu. Pacman yang tampil agresif dan terlanjur dapat banyak dukungan serta merebut hati serta simpati penonton dianggap pantas keluar sebagai pemenang.

Statistik pukulan kedua petinju dan hasil penilaian kedua juri yang kemudian muncul ke publik sebenarnya sudah mengukuhkan keunggulan Mayweather. Namun di jejaring sosial muncul teori konspirasi soal kekalahan Pacquiao.

Teori tersebut didasarkan pada bocoran nilai yang diberikan ketiga juri untuk Mayweather dan Pacquiao. Entah bagaimana, Burt Clements, Dave Moretti, dan Glenn Feldman terbalik menempatkan nilai pada lembar kertas yang sudah disediakan.

Pada kolom nilainya masing-masing, ketiga juri itu menyebut Mayweather berada di sudut merah sedangkan Pacquiao di sudut biru. Padahal di dalam ring yang terjadi sebaliknya: Mayweather di sudut biru dan Pacquiao di sudut merah.

Dari kesalahan tersebut, yang keluar sebagai pengumpul poin terbanyak adalah yang menempati sudut merah, yang ditempati Pacman. Sementara poin di sudut biru (Mayweather) lebih rendah. (hnm)