PT KONTAK PERKASA FUTURES – AS Roma menelan kekalahan saat bertandang ke Fiorentina. Luciano Spalletti menilai hasil imbang akan lebih adil untuk timnya itu.

Roma kalah 0-1 di Artemio Franchi, Senin (19/9/2016) dinihari WIB. Meski bermain lebih dominan sejak awal, Roma gagal memaksimalkan peluang-peluang mereka dan kecolongan oleh gol Milan Badelj di menit ke-82.

Spalletti mengakui timnya agak menurun di babak kedua, tapi juga menilai Fiorentina punya kualitas memadai sehingga bisa memanfaatkan itu.

“Itu adalah laga yang bagus, ada dua tim luar biasa yang memainkan sebuah laga yang pantas dengan kualitas mereka. Sekali kami menggenggam pertandingan, seharusnya bisa lebih gigih dan menuntaskan kesempatan kami,” kata Spalletti kepada Mediaset.

“Fiorentina memainkan permainan mereka, tapi kami kehilangan bola terlalu mudah di babak kedua dan tak sekonsisten dan efektif seperti di babak pertama. Kami kalah, tapi para profesional dari Roma melakukan tugasnya malam ini. Anda bisa kalah di sepakbola melawan tim bagus seperti Fiorentina,” imbuhnya seperti dikutip Football Italia.

Meski demikian, Spalletti punya kritik untuk wasit dan hakim garis. Dia menilai Roma layak mendapatkan penalti setelah Dzeko terjatuh karena ganjalan dari Nenad Tomovic di babak pertama.

Sementara pada gol Fiorentina, ada bau offside di sana. Nikola Kalinic yang berada di jalur tendangan berdiri dalam posisi offside dan dinilai mengganggu pandangan kiper, sehingga pantas dihukum pelanggaran.

“Itu adalah penalti karena dia mengantisipasi laju umpan dan berlari menjemput bola. Itu lebih dari kontak, itu adalah tendangan,” kata Spalletti.

“Szczesny juga mengonfirmasi bahwa dia tak bisa melihat bola (saat gol), jadi dia harus melangkah ke samping dan itu berarti dia tak bisa menjangkau bola. Para pemain saya mengatakan wasit bilang posisinya (Kalinic) terlalu jauh dari gawang jadi tak dihitung, semacam itulah.”

“Apapun itu, kami cuma bisa berurusan dengan apa yang tergantung pada kemampuan kami. Ini kekalahan yang menyakitkan, karena tim tak layak kalah. Mungkin imbang akan lebih adil, tapi insiden-insiden yang tak memihak kami di luar realitas apa yang terjadi di lapangan,” tandasnya.

Kekalahan ini menahan Roma di peringkat tiga dengan nilai tujuh dari empat pertandingan. Sementara Fiorentina ada di posisi delapan dengan enam poin dari tiga laga. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES