PT KONTAK PERKASA FUTURES – Performa AS Roma kala berimbang 1-1 kontra Porto sudah cukup memuaskan Luciano Spalletti. Satu hal yang mengganjal Spalletti, Roma disebut bermain terlalu naif.

Roma bermain imbang 1-1 kala bertandang ke Estadio Do Dragao, Kamis (18/8/2016) dinihari WIB, pada laga leg pertama play-off Liga Champions. Unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Felipe Monteiro di menit ke-21, Roma lantas kebobolan di menit ke-61 lewat eksekusi penalti Andre Silva.

Roma sebenarnya memulai laga dengan mengontrol permainan, dominan dalam penguasaan bola. Tapi kemudian kartu merah Thomas Vermaelen di menit ke-41 mengubah alur permainan dan memaksa Roma bermain bertahan di paruh kedua.

Di luar kartu merah itu, Spalletti menyoroti permainan anak asuhnya yang terlalu memaksakan diri saat dalam posisi unggul. Pelatih plontos itu sebenarnya menginginkan Roma bermain lebih sabar dan memancing Porto keluar, namun timnya justru terlalu tergesa-gesa.

Hal itu justru membuat Roma kerap tertekan dan membuat kesalahan-kesalahan, sampai kemudian berujung pelanggaran yang berakibat kartu merah.

“Saya sangat senang dengan performa tim. Itu adalah laga resmi pertama di musim ini dan sebuah kepuasan secara umum untuk melihat mereka di lapangan. Kalau saya harus menjadi pelatih yang menganalisis laga, sesuatu menjadi fundamental,” ujar Spalletti kepada Mediaset Premium.

“Setelah memetik keunggulan di babak pertama, kami kehilangan bola secara mudah dengan mencoba memaksakan situasi ketika kami seharusnya bisa memancing Porto ke depan dan memaksimalkan ruang yang tersedia. Alih-alih, kami memaksakan situasinya dan sebuah tim seperti kami tak bisa begitu.”

“Kami menerima kartu-kartu yang bisa dihindari dan menempatkan diri kami di bawah tekanan ekstra sepanjang laga. Bagaimanapun kami sudah memulai dengan sangat baik, selalu memainkan bola, berjuang keras, dan saya sangat menyukai tim ini,” tandasnya seperti dikutip Football Italia.

Hasil imbang ini bagaimanapun juga tetap menjadi sebuah keuntungan untuk Roma. Dengan bekal satu gol tandang, I Lupi dalam posisi lebih baik menatap leg kedua di Olimpico pekan depan. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES