PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Vicente del Bosque tak akan mengubah kebijakannya soal eksekutor penalti Spanyol. Dia akan tetap membiarkan pemain yang memutuskan siapa penendangnya.

Soal eksekutor penalti Spanyol menjadi perdebatan usai kekalahan 1-2 dari Kroasia. Dalam pertandingan tersebut, Spanyol sempat mendapat hadiah penalti namun gagal dimaksimalkan oleh Sergio Ramos.

Keputusan untuk memberikan tendangan penalti kepada Ramos menjadi pertanyaan besar. Sebab eksekutor utama Spanyol adalah Andres Iniesta.

Iniesta sendiri pada akhirnya mengungkapkan bahwa pada awalnya dia sudah akan maju menendang bola. Tapi Ramos kemudian meminta agar dirinya yang mengambil penalti.

Kendati keputusan pemain soal penalti di laga terakhir tak berbuah manis, Del Bosque tetap tak akan mengubah kebijakannya. Jika Spanyol mendapat penalti di laga melawan Italia di babak 16 besar, Del Bosque akan membiarkan pemain yang memutuskan perihal penendangnya.

“Saya selalu membiarkan pemain yang memutuskan. Itu adalah tanda kekuatan, mereka tokoh utama di lapangan,” ucap Del Bosque seperti dikutip dari ESPN FC.

“Tidak ada yang lebih baik daripada melihat pemain nyaman dengan sistem bermain sepakbola yang Anda pilih. Saya tidak akan pernah memaksakan kehendak saya.”

“Jika ada tendangan penalti melawan Italia, akan sama saja. Tendangan penalti bukan sesuatu yang terlatih,” lanjut Del Bosque.

“Jika saya mengambil bola sekarang dan menembak, itu akan dengan rasa aman yang luar biasa karena tidak ada yang menonton saya. Jika ada tensi maka itu sepenuhnya berbeda. Itu tidak bisa dilatih,” katanya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES