PT KONTAK PERKASA FUTURES – Memulai musim dengan menghadapi Arsenal di kandang lawan jelas tak mudah. Tak cuma itu, Liverpool masih harus bertandang ke Burnley dan Tottenham Hotspur juga.

Liverpool bisa dibilang punya awal musim yang terberat untuk Premier League 2016/2017. Betapa tidak, lima lawan pertamanya adalah Arsenal, Burnley, Spurs, Leicester City, dan Chelsea.

Burnley bolehlah dikatakan lawan ringan, tapi tim yang baru promosi ini jelas tak bisa diremehkan apalagi tampil di kandangnya sendiri. Menantang Arsenal, Spurs, dan Chelsea di kandang masing-masing tentu saja akan berat, sementara menjamu sang juara Leicester di Anfield akan butuh kewaspadaan tinggi.

Jika itu belum cukup untuk menjadi tantangan besar Liverpool di awal musim, mereka juga masih harus bertandang ke Burton Albion untuk laga Piala Liga Inggris setelah laga Arsenal dan Burton. Artinya, empat pertandingan pertama ‘Si Merah’ dijalani di kandang lawan.

Manajer Liverpool Juergen Klopp mengakui ini start yang sulit. Tapi baginya Premier League memang sudah selalu sulit, sementara bermain di kandang lawan tak jadi kekhawatiran untuknya.

“Kami tak bisa mengubahnya. Kalau Anda mencari alasan sebelum memulai musim, maka Anda punya sebuah masalah,” kata Klopp kepada Liverpool Echo.

“Tentu saja startnya sulit. Ini tak cuma laga tandang, tapi laga tandang ke Arsenal. Laga kedua, sebuah tim yang promosi musim kemarin, dalam antusiasme tinggi dengan atmosfer yang bagus. Lalu Tottenham.”

“Tidaklah mudah, tapi Premier League tak pernah mudah. Saya belum memikirkan sedetikpun soal ini. Saya hanya memikirkan soal tim-tim yang kami hadapi, bukan di mana kami akan bermain. Kami akan siap,” tandas eks pelatih Borussia Dortmund ini.

Laga Liverpool melawan Arsenal di Emirates Stadium akan berlangsung Minggu (14/8/2016) malam WIB. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES