PT KONTAK PERKASA  – Catatan tak terkalahkan Arsenal yang sudah bertahan cukup lama akhirnya terhenti di tangan Everton. Everton juga menunjukkan mereka layak dijuluki ‘raja comeback‘.

Arsenal tumbang dengan skor 1-2 di Goodison Park, Rabu (14/12/2016) dinihari WIB. The Gunners sebenarnya memulai laga dengan baik dan unggul lebih dulu melalui gol Alexis Sanchez pada menit ke-20.

Akan tetapi, Arsenal gagal mempertahankan keunggulan tersebut. Everton menyamakan kedudukan lewat Seamus Coleman beberapa saat sebelum berakhirnya babak pertama.

Ketika pertandingan sudah memasuki menit-menit akhir, Arsenal kecolongan lagi. Gawang Petr Cech dibobol oleh Ashley Williams dan membuat tim tamu pulang dengan tangan kosong.

Ini adalah kekalahan kedua yang diderita Arsenal di Premier League pada musim ini. Tim besutan Arsene Wenger itu dibekuk Liverpool 3-4 di Emirates Stadium pada pekan pertama, tapi kemudian melalui 14 laga berikutnya tanpa terkalahkan.

Kekalahan Arsenal memberi peluang kepada Chelsea untuk mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen. The Blues saat ini unggul tiga poin atas Arsenal dan akan menghadapi tim juru kunci Sunderland pada Kamis (15/12) dinihari WIB.

Berikut statistik laga Everton vs Arsenal sebagaimana dikutip dari BBC:

– Everton meraih poin terbanyak dari posisi tertinggal di Premier League musim ini (11). Inilah bukti The Toffees sebagai raja comeback.

– Arsenal untuk pertama kalinya kalah di Premier League pada hari Selasa sejak laga melawan Liverpool pada Februari 2006.

– Ashley Williams mencetak gol Premier League pertamanya untuk Everton dalam penampilan ke-15-nya.

– Gol Williams adalah gol pertama yang bersarang di gawang Arsenal yang berawal dari sebuah tendangan sudut di Premier League musim ini.

– Alexis Sanchez punya peran dalam lahirnya 27 gol pada 27 penampilan terakhirnya bersama Arsenal (19 gol, delapan assist).

– Alexis Sanchez adalah pemain yang paling sering mencetak gol pembuka di Premier League musim ini (lima).

– Jumlah gol Arsenal yang lahir dari luar kotak penalti di Premier League musim ini adalah sebanyak empat gol. Jumlah itu sama dengan total gol mereka dari luar kotak penalti di sepanjang musim 2015/2016.

– Leighton Baines mencatat assist ke-48-nya di Premier League. Tak ada bek lain yang punya jumlah assist sebanyak Baines.

– Seamus Coleman mencetak gol dalam dua dari tiga penampilan terakhirnya di Goodison Park. (hnm) – PT KONTAK PERKASA