PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pound terdorong menguat terhadap dolar luas yang lebih lemah, Rabu, karena kekhawatiran atas prospek kemenangan bagi Donald Trump dalam pemilihan presiden AS di pekan depan memukul greenback.

GBP/USD naik 0,22% ke 1,2270, menguat dari penutupan Selasa di 1,2243.

Poling, Selasa, menunjukkan hasil yang semakin tidak menentu dalam pemilihan presiden AS, memacu perpindahan keselamatan aset di pasar keuangan global.

Peluang Trump memenangkan pemilu AS meningkat setelah FBI membuka kembali penyelidikan atas penggunaan server pribadi Hillary Clinton.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,24% ke 97,52, level terendah sejak 13 Oktober.

Keuntungan Sterling tetap terbatas setelah lembaga pemeringkat Moody`s memperingatkan bahwa hal tersebut dapat menurunkan peringkat kredit Inggris jika Brexit menyebabkan perusahaan Inggris Raya kehilangan akses ke pasar tunggal Uni Eropa.

Moody saat ini memberikan peringkat Inggris Raya Aa1 setelah downgrade pada 24 Juni, segera setelah referendum Uni Eropa.

Tapi sterling menerima dorongan setelah data menunjukkan bahwa aktivitas konstruksi Inggris meningkat dalam tingkat tercepat sejak Maret bulan lalu.

Perusahaan data keuangan Markit mengatakan indeks konstruksi manajer pembelian naik menjadi 52,6 pada bulan Oktober dari bulan September 52,3.

Ekonom telah memperkirakan indeks menurun ke 51,8.

Volume pesanan baru menaik, tetapi tingkat pertumbuhan turun sejak bulan September dan tetap lebih lemah dari yang terlihat sebelum musim panas ini.

Melambungnya harga bahan bangunan juga membayangi prospek tersebut, kata Markit.

Laporan itu muncul sehari setelah survei serupa dari sektor manufaktur menunjukkan bahwa kemerosotan dalam pound sejak pemungutan suara memimpin Brexit ke salah satu kenaikan tercepat biaya rata-rata bahan baku dalam sejarah survei 25 tahun itu, kemungkinan memberi dorongan melalui harga toko.

Sementara itu, sterling sedikit berubah terhadap euro, dengan EUR/GBP di 0,9034. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES