PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pound sedikit berubah pada hari Selasa setelah data menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur Inggris sedikit melambat pada bulan Oktober, setelah menguat semalam ketika Gubernur Bank of England Mark Carney mengatakan ia akan memperpanjang masa jabatannya.

GBP/USD diperdagangkan pada 1,2248 dari sekitar 1,2255 menjelang rilis data pabrik tersebut.

Sterling mencapai level tertinggi 1,2281 semalam, tertinggi sejak 20 Oktober, setelah Kepala BoE Mark Carney mengatakan ia akan memperpanjang masa jabatannya di bank sentral setahun tambahan, sampai negosiasi Brexit telah menyimpulkan akhirnya pada bulan Juni 2019.

Carney mempunyai pilihan tetap berada di posisinya sampai 2021, tetapi ia telah menghadapi kecaman menyusul peringatan pra-referendum bahwa voting Brexit dapat menekan perekonomian Inggris Raya menuju resesi dengan segera.

Perdana Menteri Theresa May menyambut baik pengumuman tersebut. Ia mengatakan akan memberikan “kontinuitas dan stabilitas” saat Inggris bernegosiasi keluar dari Uni Eropa.

Sterling menunjukkan sedikit reaksi setelah data pada hari Selasa menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur mempertahankan tingkat ekspansi yang solid pada awal kuartal keempat.

Indeks manajer pembelian manufaktur markit Inggris Raya datang di 54,3 pada bulan Oktober turun sedikit dari 55,4 di bulan September.

Para ekonom mengharapkan pembacaan 54,5.

Laporan itu menunjukkan bahwa kemerosotan dalam pound sejak voting Brexit pada bulan Juni membantu sektor manufaktur dengan meningkatkan pesanan ekspor, tetapi juga menaikkan biaya impor.

Produsen mengalami salah satu kenaikan tercepat dalam biaya rata-rata untuk bahan baku dalam sejarah survei 25 tahun tersebut, kemungkinan dihabiskan melalui harga toko.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun ke 98,2 karena investor memantau pengumuman kebijakan moneter Federal Reserve, data pekerjaan AS pada hari Jumat dan pemilihan presiden AS yang akan datang.

Investor menunggu laporan pekerjaan AS bulan Oktober, Jumat, mengenai tanda-tanda bahwa perekonomian berada pada pijakan yang cukup kuat dalam menghadapi kenaikan suku bunga di tahun ini.

The Fed akan membuat pengumuman kebijakan moneter terbarunya, Rabu, tetapi kenaikan suku bunga menjelang pemilihan presiden 8 November mendatang dipandang sebagai hal yang tidak mungkin. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES