PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pound jatuh ke posisi terendah hari ini setelah Bank of England memangkas suku bunga ke rekor terendah dan mendorong program pelonggaran kuantitatif untuk mengimbangi efek dari referendum 23 Juni, keluar dari Uni Eropa.

GBP/USD anjlok 1,09% ke 1,3182 dari sekitar 1,3326 menjelang keputusan.

BoE menurunkan suku bunga ke rekor terendah 0,25% dalam upaya untuk menyangga ekonomi dari pelemahan menyusul Referendum Inggris Raya.

Bank sentral juga mendorong program pelonggaran kuantitatif sebesar £60 miliar dan memangkas proyeksi pertumbuhan untuk tahun depan.

Sekarang dengan mengharapkan pertumbuhan hanya 0,8% pada tahun 2017, turun dari 2,3% pada perkiraan bulan Mei-nya.

Hampir semua ekonom memperkirakan BoE untuk memotong suku bunga dan banyak juga mengharapkan berlanjutnya program multi-miliar pound pembelian obligasi pemerintah.

BoE memangkas suku bunga terakhir pada bulan Maret 2009 dalam upaya untuk melindungi ekonomi Inggris Raya dari krisis keuangan global

Keputusan itu muncul sehari setelah data survei menunjukkan bahwa ekonomi Inggris Raya meluncur ke dalam resesi ringan.

Perusahaan riset pasar Markit mengatakan Indeks bulanan semua sektor Manajer Pembelian mencatat penurunan tertajam dalam rekor bulan-ke-bulan setelah penurunan tajam dalam kegiatan di layanan sektor swasta, manufaktur dan perusahaan konstruksi.

Sterling juga merosot terhadap euro, dengan EUR/GBP melonjak 0,93% ke 0,8446 dari 0,8355 sebelumnya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES