KONTAK PERKASA FUTURESPound naik ke level tertinggi tujuh minggu terhadap dolar pada Kamis sore, denga investor menunggu laporan inflasi kuartal Bank of England dan keputusan suku bunga hari ini.

GBP/USD naik 0,27% ke 1,2694, level tertinggi 14 Desember.

BoE akan mengumumkan keputusan suku bunga terbaru, mempublikasikan laporan inflasi kuartalan dan mengadakan konferensi pers untuk membahas kesehatan ekonomi Inggris Raya di hari Kamis.

Pound menguat di tengah harapan bahwa bank akan meningkatkan perkiraan pertumbuhan dan inflasi jangka pendek setelah angka pekan lalu menunjukkan bahwa ekonomi tumbuh sebesar 0,6% pada kuartal keempat.

Hal ini juga dapat memperingatkan bahwa tekanan harga sedang meningkat akibat pound yang lemah menaikkan biaya impor.

Gubernur BoE Mark Carney kemungkinan akan menghadapi pertanyaan apakah peningkatan inflasi cukup untuk menjamin kenaikan suku bunga.

Investor juga mengamati perkembangan di parlemen Inggris, di mana pemerintah akan mempublikasikan Brexit White Paper, menguraikan tujuan Theresa May dalam negosiasi yang akan datang dengan Uni Eropa.

Sementara itu, data menunjukkan bahwa pertumbuhan sektor konstruksi Britania Raya bergerak moderat di bulan lalu, tapi laporan itu juga menunjukkan biaya yang melonjak.

Indeks manajer pembelian konstruksi Markit turun ke 52,2 bulan lalu dari level tertinggi sembilan bulan pada Desember lalu di 54,2. Ekonom telah memperkirakan indeks untuk turun ke 53,8.

Survei tersebut juga menunjukkan kenaikan tajam dalam biaya sejak Agustus 2008, setelah sterling tergelincir sejak referendum Brexit bulan Juni mendorong kenaikan harga bahan baku impor.

Sebuah survei serupa dari sektor manufaktur pada hari Rabu menunjukkan bahwa biaya input naik dalam tingkat tercepat selama 25 tahun pada bulan Januari.

Sterling melemah terhadap euro, dengan EUR/GBP naik 0,19% ke 0,8522. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES