PT KONTAK PERKASA FUTURES – MotoGP 2016 menghadirkan salah satu musim paling seru dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini sudah ada 7 pebalap dari 6 tim berbeda berhasil jadi juara.

Maverick Vinales tampil hebat untuk menjuarai MotoGP Inggris yang dilangsungkan Minggu (4/9/2016) malam WIB di Sirkuit Silverstone. Itu menjadi kemenangan perdana Vinales di kelas rajanya balap motor, yang sekaligus menjadi kemenangan pertama Suzuki sejak yang terakhir diraih pada 2007.

Keberhasilan Vinales dan Suzuki di Inggris melanjutkan tren kemenangan pertama yang ditraih pebalap dan tim MotoGP. Dua pekan sebelum di Republik Ceko, Cal Cruthlow meraih capaian terbaiknya dengan menjadi juara di sana.

Kondisi serupa terjadi di Austria. Andrea Iannone merasakan kemenangan pertamanya, yang sekaligus menuntaskan puasa kemenangan Ducati yang sudah berlangsung sejak 2010 lalu. Jack Miller juga meraih kemenangan pertama dia saat tampil di MotoGP Belanda.

Keberadaan Vinales, Crutchlow, Iannone dan Miller di podium teratas membuat musim balap tahun ini sudah menghasilkan tujuh pebalap berbeda. Tiga nama lainnya yang sudah meraih kemenangan adalah Jorge Lorenzo (3), Valentino Rossi (2), dan Marc Marquez (3).

Ketujuh pebalap tersebut datang dari enam tim berbeda, yakni Repsol Honda, Movistar Yamaha, Ducati, Team Suzuki Ecstar, LCR Honda, dan Marc VDS. Dari total lima pabrikan yang berlaga di MotoGP musim ini, ada empat pabrikan sudah dapat kemenangan (Honda, Yamaha, Suzuki, dan Ducati). Satu-satunya pabrikan yang belum dapat kemenangan adalah Aprilia.

Statistik-statistik itu membuat MotoGP 2016 menjadi salah satu musim paling menarik dalam beberapa tahun terakhir – terkait keberagaman pebalap dan tim yang memenangi balapan. Dalam setidaknya delapan tahun terakhir rata-rata jumlah pebalap yang berhasil memenangai race per musim hanya empat orang.

Kali terakhir ada tujuh pebalap berbeda yang memenangi balapan dalam satu musim adalah pada 2006. Pada musim tersebut, pebalap yang berhasil memenangi seri adalah Loris Capirossi, Valentino Rossi, Marco Melandri, Dani Pedrosa, Nicky Hayden, Toni Elias dan Troy Bayliss.

Meski musim ini telah menghasilkan tujuh pebalap berbeda yang jadi juara, persaingan menjadi juara dunia tinggal melibatkan tiga pebalap saja. Marquez berada di posisi teratas dengan 210 poin, di posisi kedua ada Rossi (160) dan Lorenzo pada urutan tiga (146). (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES